Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIY PANDANWANGI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIY PANDANWANGI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTUPENDIDIKAN
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIY PANDANWANGI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Oleh :
ABDUL WAHID HASYIM
Nimko : 2007.4.044.0001.1.00742
Sejalan dengan program pembangunan nasional, pemerintah sedang giat menggalang pembangunan di segala bidang demi memajukan bangsa. Untuk mensukseskan program tersebut dibutuhkan kader-kader bangsa yang dewasa, mandiri, berakhlakul karimah, bertakwa kepada Allah SWT. Sedang untuk mencetak kader-kader tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan baik pendidikan formal maupun informal.
Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, dan merupakan wahana dalam menterjemahkan pesan-pesan konstitusi serta sarana dalam membangun watak bangsa. Pembangunan pendidikan di sekolah tampaknya tidak dapat ditangani secara parsial atau setengah-setengah, tetapi memerlukan pemikiran pengembangan yang utuh sebagai konsekwensi dari identitasnya sebagai sekolah umum yang berciri khas agama islam. Untuk itu dibutuhkan pengelolaan yang tepatdisuatu institusi madrasah. Suatu organisasi baiak yang orientasinya pada profit maupun non profit, dan termasuk disekolah juga membutuhkan manajemen yang bagus.
Peneliti ini secara umum perumusan masalah untuk a) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011 ?, b) Secara khusus untuk menjawab empat pertanyaan yaitu :
1) Bagaimana upaya kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011 ?
2) Bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu penddikan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011 ?
3) Bagaimana upaya kepala sekolah melakukan bimbingan khusus dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011 ?
4) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam pemenuhan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011 ?
Dalam pendekatan ini digunakan pendekatan fenomenologi, sedangkan dalam pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi parsiptif, interview mendalam, dan documenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualatatif.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Asy-Syarifiy Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain