Text
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL ULUM KANDANGREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Imam Tobroni, 2013. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I: Dra. Hj. ST. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Drs. H. Ahmad Saifuddin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kualitas Belajar Siswa
Pendidikan sangatlah dibutuhkan oleh setiap manusia. Karena pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kualitas kehidupan bangsa. Dalam proses pendidikan sangat tergantung dari kemampuan guru dalam melaksanakan atau mengemas proses pembelajaran. Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo adalah sebuah lembaga formal yang bertujuan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dalam pembelajaran dibutuhkan tenaga pendidik yang profesional dibidangnya. Adapun salah satu tugas guru profesional adalah harus bisa menciptakan suasana yang nyaman saat mengajar dan bisa memilih sebuah strategi pembelajaran yang bisa melibatkan siswanya. Salah satu strategi yang dapat melibatkan siswa saat proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pendekatan konstektual. Adapun fokus penelitian ini meliputi: Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian yang meliputi: observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuat dengan melakukan pengecekan data menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Adapun hasil penelitian ini adalah: implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013 sudah terlaksana walaupun kurang maksimal, implementasi CTL ini dapat dilihat dari tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan faktor pendukung dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran konstekstual di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kandangrejo adalah sikap mental guru dan kemampuan guru serta kelengkapan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan guru dalam menghadapi perbedaan indiviudu peserta didik, memilih metode yang sesuai dengan materi pelajaran, meperoleh sumber dan alat-alat pembelajaran dan kesulitan dalam mengadakan evaluasi waktu.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain