Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
M. LUKMAN HAKIM NIMKO: 2008.4.044.0001.1.01026
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, untuk meningkatkan kualitas dalam pendidikan, maka ada beberapa unsur yang terlibat di dalamnya antara lain guru, siswa, kurikulum dan lingkungan. Implementasi pembelajaran efektif memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan tujuan pendidikan, karena dengan pembelajaran efektif akan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang penting, karena selalu berhubungan dengan kehidupan manusia sehari-hari, baik hubungan dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia, sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya harus mengimplementasikan pembelajaran efektif agar materi dalam pendidikan agama Islam dapat dengan mudah diterima oleh siswa dan kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK PGRI 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang meliputi pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan isi/materi pembelajaran, dan pengelolaan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang implementasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang meliputi pengelolaan tempat belajar (meliputi pemajangan hasil pekerjaan siswa dan pengelolaan tempat meja dan kursi siswa), pengelolaan siswa (meliputi pengelompokan siswa secara individual dan kelompok), pengelolaan kegiatan pembelajaran (meliputi penyediaan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk berfikir dan berproduksi dan penyediaan program penilaian yang mendorong semua siswa untuk melakukan unjuk kerja), pengelolaan isi/materi pembelajaran (meliputi menyiapkan silabus pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran tematik), dan pengelolaan sumber belajar (meliputi pemanfaatan sumber daya sekolah dan sumber daya lingkungan). Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah terkumpul, kemudian dilakukan analisis data dengan analisis reflektif thinking. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan terkait dengan Implementasi pembelajaran efektif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK PGRI 05 Jember, diketahui bahwa implementasi pembelajaran efektif yang meliputi pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan isi/materi pembelajaran dan pengelolaan sumber belajar dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori yang ada.
Print
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain