Text
KEGIATAN EXTRAKURIKULER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM KRATON KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG
ABSTRAK
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM
PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM KRATON KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG
Oleh :
Nama : M. NUR ISMAIL
Nimko : 2008.4.044.0001.1.01149
Di era seperti sekarang ini pendidikan mempunyai problem yang belum terselesaikan dan belum mempunyai solusi yang tepat dalam pemecahannya. Dari problem di atas menjadi keinginan untuk mencari solusi tentang penanaman kepribadian sejak dini dan tidak hanya dalam segi teori tapi juga dalam mempraktikanya. Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kraton Yosowilangun Lumajang sudah mulai memahami pentingnya kegiatan extrakurikuler dalam berbagai hal. Dan juga sebagai upaya untuk mencapai tujuan menciptakan generasi yang berkepribadian islami.
Yang menjadi masalah dalam penelitian adalah bagaimana kegiatan ekstra kurikuler dalam pembentukan kepribadian siswa di MI Nurul Islam Kraton- Yosowilangun-Lumajang? Berdasarkan perumusan masalah tesebut menjadi tujuan penelitian : Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan kepribadian siswa di MI Nurul Islam Kraton-Yosowilangun-Lumajang.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan puposive, sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Dari data yang diperoleh dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler telah ikut andil dalam proses pembentukan kepribadian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kraton, telah terbukti dengan adanya pembentukan kepribadian. Kegiatan ekstrakurikuler mencakup kegiatan ekstrakurikuler umum dan agama. Akan tetapi masih banyak kekurangan dalam berbagai bidang, yang nantinya harus diperbaiki oleh lembaga agar lebih maksimal kinerja program. Misalkan pemaksimalan peran wali murid yang belum terjalin dengan baik. Dari rincian kegiatan tersebut juga perlu ditingkatkan diantarnya : a) Kegiatan ekstrakurikuler umum dalam pembentukan kepribadian siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kraton, terbukti dapat membentuk kepribadian siswa seperti dalam hal disiplin, tanggung jawab, percaya diri dan penyesuaian diri. Akan tetapi masih ada yang perlu diperbaiki lagi. Dalam ekstrakurikuler umum siswa dan wali murid belum dimaksimalkan dalam penyusunan kegiatan. b) Kegiatan ekstrakurikuler agama dalam pembentukan kepribadian siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kraton Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang telah dilaksanakan dan terdapat pembentukan kepribadian dalam aspek islami, percayadiri, pemberani dan sebagainya, akan tetapi masih belum dimaksimalkan tentang tenaga pendidik dan wali murid, tidak diikut sertakan dalam perencanaan program, karena guru juga tidak mampu dalam hal ekstrakurikuler qiro’ah, dalam penyusunan semua lapisan masyarakat Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kraton belum dimaksimalkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain