Text
KORELASI ANTARA KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ISLAMIYAH YOSOWILANGUN KIDUL KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Sumarmi, 2014. Korelasi Antara Keterampilan Mengajar Guru Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I: Titin Nurhidayati, S.Ag.,M.Pd., Selaku dosen pembimbing I dan Ibu. Pembimbing II : Syarifatul Marwiyah, M.Pd.I.
Kata kunci: Keterampilan Mengajar, Aktivitas belajar siswa
Keterampilan mengajar guru adalah seperangkat kemampuan atau kecakapan guru dalam melatih dan membimbing aktivitas pengalaman seseorang serta membantunya berkembang dan menyesuaikan diri kepada lingkungan. Jadi, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru adalah penilaian berupa tanggapan atau pendapat siswa terhadap kemampuan atau kecakapan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Adapun rumusan masalah secara umum adalah; adakah korelasi antara keterampilan mengajar guru dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Sedangkan rumusan masalah khususnya adalah; a) Adakah korelasi antara keterampilan mengajar guru dalam memberikan penguatan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah IslamiyahYosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015?. b) Adakah korelasi antara keterampilan mengajar guru dalam membuka dan menutup pelajaran denagn peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015?. c) Adakah korelasi antara keterampilan mengajar guru dalam membimbing diskusi dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015 ?.
Untuk mengetahui dan merealisasikan tujuan tersebut maka digunakan metode penelitian penentuan sampel dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling, dengan informan meliputi: Kepala sekolah, Guru, Siswa. Dengan metode pengumpulan data observasi, interview, angket dan dokumenter. Metode analisis data yang digunakan adalah Product moment, dengan rumus sebagai berikut:
Adapun kesimpulan secara umum adalah Ada korelasi cukup antara keterampilan mengajar guru dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan kesimpulan khsususnya adalah; a) Ada korelasi agak rendah antara keterampilan mengajar guru dalam memberi penguatan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. b) Ada korelasi agak rendah antara keterampilan membuka dan menutup pelajaran dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. c) Ada korelasi rendah antara keterampilan guru dalam membimbing diskusi dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain