Text
KORELASI ANTARA KEPROFESIONALAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA BAGOREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013-2014
ABSTRAK
Ani Fathur Rosyidah, 2013. Korelasi Antara Keprofesionalan Guru dengan Prestasi belajar Siswa Bidang Studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah ( STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I: Dr. Sri Lumatus Sa’adah, M.H.I. Pembimbing II : Drs. Khumadi, M. Hum.
Kata Kunci: Keprofesionalan Guru, Prestasi Belajar Siswa, Aqidah Akhlak.
profesionalisme merupakan sikap profesional yang berarti melakukan sesuatu sebagai pekerjaan pokok (sebagai profesi). Seorang profesional mempunyai kebermaknaan ahli (expert) dengan pengetahuan yang dimiliki dalam melayani pekerjaannya. Tanggung jawab (responsibility) atas keputusannya baik intelektual maupun sikap, dan memiliki rasa kesejawatan menjunjung tinggi etika profesi dalam tugasnya sebagai seorang guru. Seorang yang profesional akan memberikan layanannya kepada peserta didik secara terstruktur (Sagala, 2009: 1) Bertolak dari latar belakang tersebut, peneliti memperoleh sebuah permasalahan yaitu : “korelasi antara keprofesionalan guru dengan prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013-2014” dengan rancangan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara keprofesionalan guru dengan prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013-2014. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan penentuan sampel menggunakan tekhnik Population Research. Dari data yang diperoleh, hipotesis diuji menggunakan analisis data statistik dengan penggunaan rumus product moment:
Dari analisis data diperoleh kesimpulan umum ada ada korelasi antara keprofesionalan guru dengan prestasi belajar siswa Bidang Studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2013-2014. Dengan nilai empirik (1,000) yang terletak antara 0,800 sampai dengan 1,000 (sangat tinggi). Dan kesimpulan khususnya (a) ada korelasi antara keprofesionalan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa Bidang Studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2013-2014. Dengan nilai empirik (1,000) yang terletak antara 0,800 sampai dengan 1,000 (sangat tinggi). (b) ada korelasi antara keprofesionalan guru dalam membimbing dengan prestasi belajar siswa Bidang Studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2013-2014. Dengan nilai empirik (1,000) yang terletak antara 0,800 sampai dengan 1,000 (sangat tinggi). (c) ada korelasi antara keprofesionalan guru dalam melatih dengan prestasi belajar siswa Bidang Studi Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Bagorejo Gumukmas Tahun Pelajaran 2013-2014. Dengan nilai empirik (1,000) yang terletak antara 0,800 sampai dengan 1,000 (sangat tinggi)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain