Text
PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN BERAGAMA ANAK DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM ASH-SHUUFIYAH PONJEN KENCONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Firman Arip, 2013.Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kematangan Beragama Anak Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash-ShuufiyahPonjen KencongTahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Studi Agama Islam SekolahTinggi Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah (STAIFAS) KencongJember. Pembimbing I Dra. Hj. St. Mislikhah,M.Ag. Pembimbing II Drs.H.Ahmad Saifuddin, M.Pd.I
Kata Kunci :Kegiatan Keagamaan, KematanganBeragama
Penelitian ini berlatar belakang masalah akhlak siswa remaja yang semakin hari semakin meresahkan para oarng tua dan guru. Agama mereka sudah tak lagi diperhatikan sebab penguasaan agama mereka sangatlah minim. Untuk itu perlu diadakannya proses pengembangan keagamaan siswa demi tercapainya kematangan beragama yang baik.
Penelitian ini memperoleh sebuah permasalahan yaitu ; bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasiKegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Kematangan Beragama Anak Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash Shuufiyah Ponjen Kencong.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanperencanaan,pelaksaan,evaluasikegiatan keagamaandalam meningkatkan kematangan beragama anak didik di Sekolah Menengah Kejuruan IslamAsh Shuufiyah Ponjen kencong.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Juga menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamatan sebagai teknik analisis data.
Dari hasil analisis, dapat dikemukakan secara umum bahwa Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkankematangan beragama Anak Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash Shuufiyah Ponjen Kencong dengan menggunakan kegiatan-kegiatan keagamaan untuk membentuk kematangan bergama siswa siswinya. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa.(1).Perencanaan Kegiatan Keagamaan dalam meningkatkan kematangan beragama anak didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash Shuufiyah Ponjen Kencong dilaksanakan melalui perubahan sikap yang ada pada keluarga, masyarakat, dan sikap keberagamaan siswa.(2). Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam meningkatkan kematangan beragama anak didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash Shuufiyah Ponjen Kencong berjalan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan disekolah, yaitu : shalat berjamaah, yasin dan tahlil, dzikir bersama, dan ceramah keagamaan.(3).Evaluasi Kegiatan Keagamaan dalam meningkatkan kematangan beragama anak didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Ash Shuufiyah Ponjen Kencong menggunakan teknik nomotatik, idiography, dan teknik penilaian sikap. Teknik tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa sikap keagamaan siswa SMK Ash Shufiyyah Kencong terbentuk melalui pembiasaan yang dilakukan disekolah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain