Text
PENGARUH DOMISILI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK PENGARUH DOMISILI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Oleh:
SITI NUR HASANAH NIMKO. 2009.4.044.0001.1.01242
Perkembangan individu merupakan suatu proses perubahan terus menerus sepanjang hidupnya. Perkembangan tersebut merupakan perpaduan antara faktor internal dan faktor eksternal. Pengembangan pribadi siswa akan dapat diperoleh melalui proses belajar, di mana proses belajar itu akan dapat meningkatkan kepribadian dan berupaya untuk memperoleh hal-hal baru yang dapat memperbaiki dan meningkatkan kontradiksi-kontradiksi dalam hidupnya. Kondisi domisili siswa merupakan salah variabel yang diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh domisili terhadap prestasi belajar siswa dilakukan dengan membandingkan prestasi belajar pada setiap tempat tinggal siswa tersebut. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh domisili siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab dengan empat aspek yang diteliti yaitu aspek Al-Istima’ (Menyimak), Al-Kalam (Percakapan), Al-Qiro’ah (Membaca), dan Al-Kitabah (Menulis) di MAN 3 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposif Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, intervieu, dan dokumenter, dengan terlebih dahulu menguji validitas datanya yakni dengan pemilihan, pengumpulan, dan analisis data, di mana metode analisisnya menggunakan komparasional bivariant . Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisa data uji beda kuantitatif dengan rumus Tes “t” yaitu:
Dari analisis data ternyata didapatkan aspek Al-Istima’ (Menyimak) nilai t0 = 0,010; aspek Al-Kalam (Percakapan) nilai t0 = 0,033; aspek Al-Qiro’ah (Membaca) nilai t0 = 0,0358 dan aspek Al-Kitabah (Menulis) nilai t0 = 0,002 keempat aspek tersebut nilai “t” hitung (t0) lebih kecil dari nilai “t” tabel dimana ttabel(0,05) = 2,00 dan ttabel(0,01) = 2,65 dan dengan menggunakan tingkat signifikansi (α = 0,05) dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab baik aspek Al-Istima’ (Menyimak), Al-Kalam (Percakapan), Al-Qiro’ah (Membaca), dan Al-Kitabah (Menulis) antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren maupun yang berdomisili di luar pondok pesantren.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain