Text
KORELASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Nur Aini Setyowati, 2014. Korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah AsSunniyyah (STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II Drs. Khumaidi, M. Hum.
Kata kunci: Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Akhlak Siswa
Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotori. Namun tidak semua perubahan pada diri seseorang itu baik, seperti halnya yang banyak terjadi belakangan ini, adanya krisis akhlak. Untuk mengatasi krisis akhlak diperlukan sebuah pendidikan akidah akhlak. Karena akidah akhlak merupakan tumpuan perhatian pertama dalam Islam. Untuk melihat apakah hasil belajar tersebut baik atau tidak diperlukan sebuah penilaian, karena meskipun hasil belajar siswa nantinya baik belum tentu akhlaknya baik pula atau sebaliknya. Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan: Adakah korelasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa di MTs Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi tentang korelasi hasil belajar akidah akhlak dan akhlak siswa di MTs Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengetahui dan merealisasikan tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling, yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII dan IX, karena kelas VII belum mempunyai raport. Teknik pengumpulan datanya berupa dokumentasi dan angket siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan program SPSS dan rumus product moment. Adapun kesimpulan umum adalah: Tidak ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan kesimpulan khususnya adalah 1) Tidak ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa di lingkungan keluarga pada siswa Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Tidak ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa di lingkungan sekolah siswa Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) Ada korelasi rendah tidak signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa di lingkungan masyarakat siswa Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Balung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain