Text
KORELASI ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 05 CAKRU KECAMATAN KENCONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK KORELASI ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 05 CAKRU KECAMATAN KENCONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Oleh KHUSNUL KHOTIMAH NIMKO: 2011.4.044.0001.1.01591
Pendekatan CTL (Contextual teaching and learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses perlibatan siswa untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi dan kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkanya dalam kehidupan mereka. MI Muhammadiyah 05 Cakru adalah madrasah yang mencoba untuk bangkit membenahi segala bentuk kesalahan dalam proses pembelajaran yang selama ini terjadi. Kepala madrasah dan para guru telah sepakat untuk senantiasa memberikan pembelajaran yang terbaik kepada peserta didik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Upaya yang dilakukan oleh para guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran terbaru salah satunya adalah pembelajaran dengan model contekstual teaching and learning. Atas dasar permasalahan tersebut maka, rumusan masalah secara umum adalah “Adakah korelasi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 05 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?. Sedangkan tujuan penelitianya adalah ingin mengetahui korelasi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 05 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik populatif/sensus, dengan informan meliputi: Kepala sekolah, Guru, Siswa, wali kelas. Dengan metode pengumpulan data observasi, interview, documenter, angket. Analisis data yang digunakan adalah Rumus Product moment. 22 yx xy rxy
Adapun kesimpulan umum adalah “ Ada korelasi cukup antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 05 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Sedangkan kesimpulan khususnya adalah 1) Ada korelasi cukup antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar mata pelajaran umum Siswa di MI Muhammadiyah 05 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Ada korelasi kuat atau tinggi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MI Muhammadiyah 05 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain