Text
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MA’ARIF JOMBANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRAK
Yatim Husnuddin, 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I: Drs. Khumaidi, M.Hum., Pembimbing II: Syarifatul Marwiyah, M.Pd.I.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar PAI.
Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Fokus Masalah: Bagaimana Penggunaan media pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sub Fokus Masalah: (1)Bagaimana Penggunaan media audio dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Al-Akidah Akhlak dan Qur’an Hadits di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (2)Bagaimana Penggunaan media visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Fiqih di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (3)Bagaimana Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Tarikh di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini secara umum: Untuk mendeskripsikan tentang Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Secara khusus: Untuk mendeskripsikan tentang Penggunaan media audio, visual dan media audio visual dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada aspek Al-Qur’an Hadits dan Akidah Akhlak di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi: observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat dikesimpulan bahwa penggunaan media audio berupa Compact Disk (CD) dan Alat Perekam Pita Magnetik, media visual berupa gambar dan bagan pohon dan media audio visual berupa media Film dan Televisi terbukti lebih efektif dan membantu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain