Text
KORELASI ANTARA SERTIFIKASI GURU DENGANPENINGKATANKUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NAHDLATUL ULAMA DESA KRATON KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ABSTRAK Farida Rahman, 2014. Korelasi Antara Sertifikasi Guru Dengan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (STAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I:Drs. Ach. Syaikhu, M.Pd.I.,. Pembimbing II :Asnawan, S.Pd.I., M.S.I. Kata kunci:SertifikasiGuru,Kualitas Pembelajaran Sertifikasi guru adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberian penghargaan kepada guru. Akan tetapi tidak sekedar guru, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh guru untuk memperoleh sertifikasi keguruan sebagaimana yang termaktub dalam UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 8 Tentang Guru Dan Dosen, yaitu: Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Adapun rumusan masalah secara umum adalah adakah korelasi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Sedangkan rumusan masalah khususnya adalah: a) Adakah korelasi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penggunaan metode pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. b) Adakah korelasi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. c) Adakah korelasi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penerapan evaluasi pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran2014/2015? Metode penelitian penentuan sampel dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling, dengan informan meliputi: Kepala sekolah, Guru, Siswa, Karyawan. Dengan metode pengumpulan data observasi, interview, angket dan dokumenter. Metode analisis data yang digunakan adalah Product moment, dengan rumus sebagai berikut: 22 yx xy rxy Adapun kesimpulan secara umum adalah ada korelasi tinggi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan kesimpulan khsususnya adalah; a) Ada korelasi tinggi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penggunaan metode pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. b) Adakorelasi tinggi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. c) Ada korelasi tinggi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kualitas penggunaan evaluasi pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain