Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 09 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019
ABSTRAK
Alifatus Syarifah,2019: Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 09 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran akidah akhlak
bahwa pembelajaran merupakan aktivitas dimana adanya interaksi antara guru
dan peserta didik. Pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang
menuntut siswa aktif sehingga dapat mencapai hasil belajar yang baik. Seperti
pembelajaran kelompok, dengan unsur kerja sama dalam kelompok dapat
meningkatkan kemampuan akademik dalam penguasaan bahan pelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh
strategi pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 09 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh strategi
pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil
belajar akidah akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 09 Jember Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan
jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII di MTs N 09 Jember yang berjumlah 157. Pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah purposive sampling, adapun sampel pada penelitian ini yaitu
berjumlah 40 siswa yaitu 20 siswa kelas VIII C (eksperimen) dan 20 siswa kelas
VIII D (Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi
hasil belajar pre-test dan post-test. Adapun teknik analisa data yang digunakan
adalah Uji –t menggunakan aplikasi SPSS 16 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar akidah
akhlak. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan uji-t Mann Whitney
dengan perolehan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,036 hal ini menunjukkan bahwa
nilai sig (2-tailed) 0,036 < 0,05 (sehingga hipotesi nol ( ) ditolak dan hipotesis
alternative ( ) diterima. Artinya Ada pengaruh yang signifikan antara
penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together
(NHT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Negeri 09 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain