Text
IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 20182019
ABSTRAK
Dewi Fatima Tuzzahro, 2019: Implementasi Model Quantum Teaching
Learning dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jombang Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Implementasi Model Quantum Teaching Learning dan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Permasalahan serius yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini
adalah rendahnya kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran PAI. Proses
pembelajaran PAI seringkali bersifat seadanya, rutinitas formalitas, kering dan
kurang bermakna. Oleh karena itu mutu PAI relatif rendah. Untuk perbaikan
kualitas pembelajaran PAI harus diawali dari desain pembelajaran yang baik.
Dengan kata lain, perancangan pembelajaran PAI sebagai langkah awal upaya
perbaikan kualitas pembelajaran PAI.
Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian ini adalah: (1)
Bagaimana implementasi model Quantum Teaching Learning dalam
pengelolaaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jombang Tahun Pelajaran
2018/2019?, (2) Bagaimana implementasi model Quantum Teaching Learning
dalam variasi teknik pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jombang Tahun
Pelajaran 2018/2019?, dan (3) Bagaimana implementasi model Quantum
Teaching Learning dalam memberikan penghargaan ketika pembelajaran PAI
di SMP Negeri 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019?.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan implementasi
model Quantum Teaching Learning dalam pengelolaaan pembelajaran, variasi
teknik pembelajaran, dan pemberian penghargaan ketika pembelajaran PAI di
SMP Negeri 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan jenis
penelitiannya adalah fenomenologis. Sumber data primer dalam penelitian ini
adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdapat di SMP
Negeri 2 Jombang. Adapun sumber sekundernya adalah data yang diperoleh
selama studi kepustakaan yang berupa literatur maupun data tertulis yang
berkenaan dengan implementasi model Quantum Teaching Learning dalam
pengelolaaan pembelajaran, variasi teknik pembelajaran dan pemberian
penghargaan pada pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Dan teknik analisis
yang digunakan adalah Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi
data, penyajian data dan verifikasi.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi model
Quantum Teaching Learning dalam pengelolaaan pembelajaran PAI terdiri dari
tiga kegiatan, yakni aktivitas pembelajaran, motivasi pembelajaran dan
lingkungan pembelajaran yang diciptakan oleh guru. (2) Implementasi model
Quantum Teaching Learning dalam variasi teknik pembelajaran PAI yang
meliputi: teknik TANDUR, teknik AMBAK dan teknik SLANT yang
diterapkan saat pembelajaran. (3) Implementasi model Quantum Teaching
Learning dalam pemberian penghargaan ketika pembelajaran PAI, yakni
dengan memberikan pujian, angka/nilai dan hadiah kepada siswa yang
berprestasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain