Text
PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 09 MA’ARIF NAHDLATUL URAMA’ ROWOTENGAH, SUMBERBARU, JEMBER TAHUN AJARAN 2018/2019
ABSTRAK
HIKMATUS SYARIFAH, 2018. “Peran Guru Agama Islam
dalamMembentukAkhlaqulKarimahSiswa di SMK 09 Ma’arif NU Rowotengah,
Sumberbru, JemberTahunPelajaran 2018/2019”.SkripsiJurusanTarbiyah, Program
StudiPendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Al-Falah As-Suniyyah (INAIFAS)
KencongJember. Pembimbing I: Drs. Ach. Syaikhu, M. Pd. I danPembimbing II:
SitiMajidah, S. Hum., M. Pd
Kata kunci: peran guru, akhlaqsiswa
Keberhasilanduniapendidikanitubukanhanyamencerdaskananakbangsatapijugamembentu
kanakdidikberakhlaqulkarimah, apabiladuahaltersebutdapattercapai,
makapendidikandapatdikatakanberhasil,
adapunkeberhasilantersebuttakpernahluputdariperan guru khususnya guru Pendidikan
Agama Islam, peran guru sangatpentingdalammembentukakhlaqsiswa, untukitu guru
dituntununtukmemilikikemampuanprofessional.
Dari latarbelakangdiatas, fokuspenelitianskripsiiniadalah, (1) BagaimanaPeran Guru
Agama sebagaiPengajardalamMembentukAkhlaqulKarimahSiswaSMK 09 Ma’arif NU
Rowotengah, Jember, TahunPelajaran 2018/2019?(2) BagaimanaPeran Guru Agama
sebagaiPendidikdalamMembentukAkhlaqulKarimahSiswa diSMK 09 Ma’arif NU
Rowotengah, Jember, TahunPelajaran 2018/2019?(3) BagaimanaPeran Guru Agama
sebagai Motivator dalamMembentukAkhlaqulKarimahSiswadiSMK 09 Ma’arif NU
Rowotengah, Jember, TahunPelajaran 2018/2019?(4) BagaimanPeran Guru Agama
sebagaiTauladandalamMembentukAkhlaqulKarimahSiswadi SMK 09 Ma’arif NU
Rowotengah, Jember, TahunPelajaran 2018/2019?
Metodeyang
digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanpendekatandeskiptifkualitatif,
teknikpengumpulandatanyamenggunakanobservasi,
wawancaradandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakanreduksi data, penyajian
data, danpenarikankesimpulan.
Dari analisis data tersebutdapatdiambilkesimpulanbahwa: (1)Peran guru agama
sebagaipengajaryaknidenganmanguasaimateridenganbaik,
mampumengelolakelasdenganbaikdanmelakukanevaluasiterhadapsiswabaikdidalammaup
undiluarkelas. (2) Peran guru agama sebagaipendidikdenganselalumengkoreksiapa yang
baikdanapa yang burukbagisiswa,Menjadiinformator yang baikbagisiswa, memberikan
fasilitasuntukmenunjangkeberhasilandalammendidik,menjadi
pembimbing yang baikdanselalumemberikanispirasi agar
anakdidikmudahdalammenerimamateri. (3) Peran guru agama sebagai motivator
sangatlahdibutuhkanolehanakdidikkarenadenganadanyamotivasi,
anakdidikdapatterdoronguntukmelakukanapa yang diterapkan guru
untukmembentukakhlaqanakdidikdananakdidikdapatmeraihapa yang diharapkan. (4)
Peran guru agama sebagaitauladan, memeberikantauladan yang baiksehinggaapa yang
dicontohkandapatditiruolehanakdidikdandapatmembentukanakdidiksesuaidenganapa
yangkitacontohkandanharapkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain