Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 01 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Firmansyah Yudi Dwi Pranata, 2021 : Penerapan Pembelajaran Berbasis Blended
Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 01 Sumberbaru Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Blended Learning, Pendidikan Agama Islam
Proses pembelajaran di kelas secara tatap muka (face-to-face) telah kehilangan daya
tariknya di era sekarang ini. Hal itu terjadi karena sebagian siswa berpikir dengan
perkembangan teknologi yang semakin luas, proses pembelajaran di era sekarang dapat
dilakukan secara online (e-learning). Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi (elearning) tanpa harus meninggalkan pembelajaran secara tatap muka (face-to-face) haruslah
ada strategi pengorganisasian pengajaran, penyampaian pengajaran, dan kualitas pegajaran
yang tepat, yaitu dengan blended learning. Blended learning adalah model pembelajaran yang
mengkombinasi keunggulan yang dimiliki model pembelajaran tatap muka (face-to-face)
dengan model pembelajaran e-learning. Oleh karenanya perlu penerapan model pembelajaran
yang baik dalam mendukung jalannya kegiatan pembelajpearan.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Pembelajaran Berbasis
Blended Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 01 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan sub fokus masalah
1) Bagaimana Komponen Penerapan Penerapan Pembelajaran Berbasis Blended Learning
Dalam Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sumberbaru Jember
Tahun Pelajaran 2021/2022 2) Bagaimana Model Rencana Penerapan Pembelajaran Berbasis
Blended Learning Dalam Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01
Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif
dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tentang Penerapan Pembelajaran
Berbasis Blended Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 01 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field
Research, pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis
deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya diperkuat dengan melakukan pengecekan
dan menggunakan tekhnik triangulasi.
Hasil penelitian Penerapan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sumberbaru : 1)
Komponen perencanaan pembelajaran berbasis blended learning dalam mata pelajaran PAI di
SMPN 01 Suberbaru itu antara lain face to face learning, e-learning offline, e-learning online
dan mobile learning. 2) Model rencana penerapan pembelajaran blended learning di SMPN 01
Sumberbaru itu dimulai dari tahapan analisis, rancangan, dan terakhir evaluasinya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain