Text
PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KETANGGAPAN KARYAWAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI TOKO SWALAYAN DIRA KENCONG KABUPATEN JEMBER PADA TAHUN 2021
Uswatun Hasanah, 2021 : Pengaruh Kedisiplinan dan Ketanggapan
Karyawan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Swalayan Dira Kencong
Kabupaten Jember pada Tahun 2021. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, Insitut Agama Islam Al-Falah AsSunniyyah (INAIFAS) Kencong Jember, Pembimbing I : Rusmini, M.E,
Pembimbing II : Muhammad Syarofi, M.E.
Kata kunci: Kedisiplinan, Ketanggapan dan Loyalitas Pelanggan
Kedisiplinan dan ketanggapan karyawan ini sangat mempengaruhi tingkat
kesuksesan sebuah perusahaan, peraturan yang seperti ini sangat diperlukan untuk
memberikan bimbingan bagi karyawan dalam menciptakan tata tertib. Perusahaan
sulit mencapai tujuannya apabila karyawan tidak mematuhi peraturan yang ada.
Hukuman ini juga diperlukan dalam meningkatkan kedisiplinan dan ketanggapan
karyawan supaya menaati peraturan perusahaan. pemberian hukuman itu harus
adil dan tegas terhadap semua karyawan. Kedisiplinan dan ketanggapan
merupakan salah satu pelayanan yang sangat menentukan loyalitas pelanggan
karena loyalitas pelanggan merupakan tolak ukur yang penting dari pelanggan itu
sendiri, hal inilah yang menjadikan nilai tambah suatu swalayan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris variabel-variabel
dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah
kedisiplinan dan ketanggapan karyawan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan secara simultan dan parsial.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif
(quantitative research) dan jenis penelitiannya adalah penelitian survey.
Pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampling Nonrobability Sampling
dengan teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Incidental. Yang
menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan swalayan Dira Kencong
yang berbelanja dengan menggunakan rumus Lemeshow sehingga sampel menjadi
100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner
(angket). Instrument penelitian untuk mengukur variabel menggunakan Skala
Likert. Analisis data yang digunakan adalah Uji t (parsial), Uji F (simultan), Uji
R
2 (koefisien determinasi) dan juga uji regresi liniear berganda dengan bantuan
software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 16.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa kedisiplinan berpengaruh
siginifikan terhadap loyalitas pelanggan pada toko swalayan Dira Kencong
dengan nilai uji t sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,033 > ttabel 1,980.
Hasil uji t juga menunjukkan bahwa ketanggapan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada toko swalayan Dira Kencong dengan signifikan sebesar
yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 4,500 > ttabel 1,980. Hasil uji F
menunjukkan bahwa kedisiplinan dan ketanggapan karyawan secara bersamasama simultan berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai
signifikan 0,000 ≤ 0,05 dengan nilai Fhitung 25,359 > Ftabel 3,11.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain