Text
PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF WRINGINAGUNG KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021
INTIKHOBUL UMARO’, 2021 : Peran Interaksi Edukatif Guru Mata
Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ma’arif Wringinagung Jombang Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2020/2021. Pembimbing I: Dr. Asnawan, S.Pd.I, M.S.I. Pembimbing II:
Dhevin MQ Agus Puspita W, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Interaksi Edukatif Mata Pelajaran Fiqih, Hasil Belajar
Peran interaksi edukatif guru mata pelajaran fiqih merupakan tingkah laku
yang diharapkan dapat dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat
yang bertanggung jawab memberikan bimbingan kepada anak didik terkait
dengan ibadah, sehingga anak didik mampu menjalankan ibadah sesuai dengan
tata cara yang telah ditetapkan oleh ajaran agama islam, hasil belajar yaitu suatu
hasil nyata yang diciptakan oleh siswa dalam usaha menguasai kecakapan jasmani
dan rohani.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran interaksi
edukatif guru mata pelajaran fiqih melalui metode pengajaran dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif
Wringinagung Jombang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peran interaksi
edukatif guru mata pelajaran fiqih melalui metode pengajaran dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif
Wringinagung Jombang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) untuk
mendeskripsikan peran interaksi edukatif guru mata pelajaran fiqih melalui alat
pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Ma’arif Wringinagung Jombang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) untuk
mendeskripsikan peran interaksi edukatif guru mata pelajaran fiqih melalui
evaluasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Ma’arif Wringinagung Jombang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya
adalah deskriptif penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling.
Metode pengumpulan datanya meliputi: Observasi, interview, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan Deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan
trianggulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa peran interaksi
edukatif guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan hasil belajar di madrasah
tsanawiyah al-ma’arif wringinagung kecamatan jombang kabupaten jember tahun
pelajaran 2020/2021 sebagai berikut: (1) Metode pengajaran menggunakan
prinsip-prinsip belajar dan dasar pertimbangan penggunaan dan pemilihan metode
mengajar. (2) Alat pendidikan yang digunakan macam-macam alat pendidikan
dan dasar pertimbangan penggunaan dan pemilihan metode mengajar. (3)
pelaksanaan Evaluasi menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain