Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-IKHWANIYAH GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Mukhlis Mahmud, 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Karakter Siswa di SMP Al-Ikhwaniyah Kec. Gumukmas Kab.
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa
di SMP Al-Ikhwaniyah Kec. Gumukmas Kab. Jember. Penelitian ini di latar
belakangi oleh beberapa problem pembentukan karakter siswa yaitu masih ada
dari perilaku beberapa siswa SMP Al-Ikhwaniyah yang kurang baik. Hal ini
seringnya terlihat dari beberapa siswa yang tidak disiplin, rasa tanggung jawab
masih kurang mentaati kegiatan yang ada di sekolah sehingga menimbulkan
beberapa masalah yang terjadi di sekolah.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru pendidikan agama
Islam dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Ikhwaniyah Kec. Gumukmas
Kab. Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? Sedang sub fokus penelitian ini adalah
1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter
tanggung jawab siswa di SMP Al – Ikhwaniyah Gumukmas Jember Tahun
Pelajaran 2021/2022 ? 2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam
membentuk karakter tawadhu siswa di SMP Al – Ikhwaniyah Gumukmas Jember
Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsika upaya guru pendidikan
agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMP Al – Ikhwaniyah
Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Sedangkan Tujuan khusus dari
penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama
Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Al – Ikhwaniyah
Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan upaya
guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter tawadhu siswa di SMP
Al – Ikhwaniyah Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis
penelitiannya adalah lapangan. Sumber data primernya dalam penelitian ini adalah
informan yaitu meliputi: Kepala Sekolah, Guru PAI, siswa/siswi. Adapun sumber
data sekundernya adalah kepustakaan serta dokumentasi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, interview (wawancara) serta
dokumentasi dan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Upaya yang dilakukan guru
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam hal
membentuk karakter tanggung jawab dan tawadhu yaitu memberikan pengarahan
dan teladan kepada peserta didik dan memberikan pencerahan kalbu secara rutin,
sehingga dengan begitu peserta didik dapat melatih kepribadiannya. Adapun
terkait dengan perilaku peserta didik yang masih bermasalah maka diperlukan
pembentukan karakter untuk mengarahkan peserta didik menjadi lebih baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain