Text
Efektivitas pendekatan behavior dengan teknik self control training dalam mengatasi kecemasan diri peserta didik di madrasah aliyah maarif nu kencong Tahun pelajaran 2020/2021
M. Riko Purwanto 2021. Efektivitas pendekatan behavior dengan teknik self
control training dalam mengatasi kecemasan diri peserta didik di madrasah aliyah
maarif nu kencong Tahun pelajaran 2020/2021
Kata Kunci : Behavior, Self control training
Menjaga tingkah laku dan ucapan merupakan kunci ketenangan dalam
hidup. Ketenangan dari setiap masalah kehidupan diperlukan setiap manusia
dalam melanjutkan kehidupan, terkadang rasa cemas dapat membuat setiap
rencana tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapan, sehinggan pelatihan
kontrol diri merupakan yang penting.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Pokok Penelitian: Untuk mengetahui
adakah pendekatan behavior teknik self control training dalam mengatasi
kecemasan diri peserta didik di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran
2020/2021. (2) Sub Pokok Penelitian: (a) Untuk mengetahui adakah efektivitas
pendekatan behavior teknik self control training dalam mengatasi kecemasan
somatik peserta didik di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran 2020/2021 (b)
Untuk mengetahui adakah efektivitas pendekatan behavior teknik self control
training dalam mengatasi kecemasan kognitif peserta didik di MA Ma’arif NU
Kencong Tahun Pelajaran 2020/2021 (c) Untuk mengetahui adakah efektivitas
pendekatan behavior teknik self control training dalam mengatasi kecemasan
emosi peserta didik di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran 2020/2021 (d)
Untuk mengetahui adakah efektivitas pendekatan behavior teknik self control
training dalam mengatasi kecemasan perilaku peserta didik di MA Ma’arif NU
Kencong Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian
ini adalah Eksperimen, Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X
jurusan IPA dan IPS MA Ma’arif NU Kencong yang berjumlah 43 peserta didik,
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan metode Wawancara, observasi,
dokumentasi, angket. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur
variabel yaitu skala likert. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Uji T dua sampel berpasangan.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan Peran orang tua, guru dan konseli
sendiri diperlukan dalam mengatasi setiap kecemasan diri yang terjadi pada
individu. Setiap individu mempunyai hak atas dirinya dalam setiap penilaian
kondisi sekitar, yang sebagaimana pengambilan keputusan dalam setiap
kehidupannya. Pembiasaan kontrol diri dalam setiap perilaku manusia
menentukan arah hidup yang selanjutnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain