Text
PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUL MUQOMAH GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Uswatun Hasanah, 2020 : Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di Sekolah
Menengah Kejuruan Darul Muqomah Gumukmas Jember Tahun Pelajaran
2019/2020.
Kata Kunci : Metode Ceramah, Metode Diskusi, Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai suatu disiplin ilmu, mempunyai
karakteristik dan tujuan yang berbeda dari disiplin ilmu yang lain. Bahkan sangat
mungkin berbeda sesuai dengan orientasi dari masing-masing lembaga yang
menyelenggarakannya. Tujuan pendidikan islam adalah memberikan pemahaman
ajaran-ajaran islam pada peserta didik dan membentuk keluhuran budi pekerti
sebagaimana misi Rasulullah SAW sebagai pengemban perintah
menyempurnakan akhlak manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh
penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X di
SMK Darul Muqomah Gumukmas Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Adapun sub
pokok permasalahannya yaitu : 1) Adakah pengaruh penggunaan metode ceramah
terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X di SMK Darul Muqomah Gumukmas Jember
tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Adakah pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap
hasil belajar PAI siswa kelas X di SMK Darul Muqomah Gumukmas Jember tahun
pelajaran 2019/2020?. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini aPdalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar PAI
siswa kelas X di SMK Darul Muqomah Gumukmas Jember tahun pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitaif. Teknik penentuan
sampel menggunakan population research. Pengumpulan data menggunakan angket,
observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Product Moment dengan rumus
sebagai berikut :
Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan, Kesimpulan Umum:
Bahwa ada pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Darul Muqomah
Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan nilai 0,249. Kesimpulan
Khusus : 1) Bahwa ada pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Darul Muqomah
Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan nilai 0,233. 2) Bahwa ada
pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas X di SMK Darul Muqomah Gumukmas Jember Tahun
Pelajaran 2019/2020, dengan nilai 0,334.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain