Text
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLOTUT THOLIBIN TUTUL BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Ahmad Nasrulloh, 2021. Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru
dengan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotut Tholibin Tutul
Balung Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.
Dalam prosesnya, belajar mengajar guru sebagai pengajar merupakan
pencipta kondisi belajar dimana guru bertanggung jawab terhadap pendidikan
siswanya. Oleh sebab itu guru sebaiknya memiliki tingkat kompetensi yang baik
dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar baik itu kompetensi paedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dengan
adanya kompetensi tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk
belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang
memuaskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara
kompetensi paedagogik guru dengan hasil belajar siswa (2) untuk mengetahui
hubungan antara kompetensi personal guru dengan hasil belajar siswa (3) untuk
mengetahui hubungan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar
siswa (4) untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial guru dengan hasil
belajar siswa (5) untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional guru
dengan hasil belajar siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian yang
bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa
eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu.Adapun data yang
digunakan adalah hasil dari analisis menggunakan rumus korelasi Product
Moment.
rxy=
( )( )
√* ( )
+* ( )
+
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya (1) ada hubungan antara
kompetensi paedagogik guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan r hitung
lebih besar dari r tabel yaitu (0,568 > 0,202 dan 0,263), (2) ada hubungan antara
kompetensi personal guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan r hitung lebih
besar dari r tabel yaitu (0,463 > 0,202 dan 0,263), (3) ada hubungan antara
kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan r hitung
lebih besar dari r tabel yaitu (0,741 > 0,202 dan 0,263), (4) ada hubungan antara
kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan r hitung lebih
besar dari r tabel yaitu (0,457 > 0,202 dan 0,263), (5) ada hubungan antara
kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan r hitung
lebih besar dari r tabel yaitu (0,687 > 0,202 dan 0,263).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional dapat
mempengaruhi hasil belajar siswanya sebesar 47.1 % dan ini berarti 52.9 % lagi
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian kompetensi profesional
guru dengan baik maka akan menghasilkan hasil belajar siswa yang baik pula.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain