Text
PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN MAHAROH ISTIMA’ KALAM DI KELAS 3 ALIYAH PP. AS SUNNIYYAH KENCONG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Siti Mutmainah,2021. Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyyah dalam
Meningkatkan Maharoh Istima’ Kalam di Kelas 3 Aliyah PP. As Sunniyyah
Kencong Jember 2021-2022. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Al-falah As Sunniyyah
(INAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing: ZainuriM.Pd.
Metode Sam’iyyah Syafawiyyah adalah suatu bentuk upaya seorang guru
untuk menciptakan pembelajaran yang baru. Selain itu juga untuk meningkatkan
semangat, motivasi, dan minat belajar, khususnya kelas 3 Aliyah. Dalam
penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah ini, tujuan dari pembelajarannya yaitu
untuk meningkatkan maharoh istima’ kalam.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan
metode Sam’iyyah Syafawiyyah dalam meningkatkan maharoh istima’ kalam
kelas 3 Aliyah PP As Sunniyyah Kencong Jember 2021/2022 ?. adapun sub fokus
penelitiannya adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode Sam’iyyah
Syafawiyyah di kelas 3 Aliyah PP. As Sunniyyah Kencong Jember 2021-2022? (2)
Bagaimanakah peningkatan maharoh Istima’ kalam siswa kelas 3 Aliyah di PP.
Assunniyyah Kencong Jember 2021-2022? (3) Apa manfaat penerapan metode
Sam’iyyah Syafawiyyah di kelas 3 Aliyah di PP. As Sunniyyah Kencong Jember
2021-2022?.
Tujuan umum penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode
Sam’iyah Safawiyah dalam meningkatkan maharoh istima’ kalam kelas 3 Aliyah
PP As Sunniyyah 2021/2022. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah
Mengetahui penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah di kelas 3 Aliyah PP. As
Sunniyyah Kencong Jember 2021-2022. Mengetahui peningkatan maharoh
Istima’ kalam siswa kelas 3 aliyah di PP As Sunniyyah 2021/2022. Mengetahui
manfaat penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah di kelas 3 Aliyah PP. As
Sunniyyah Kencong Jember 2021-2022.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptifkualitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan metode sam’iyyah syafawiyyah
di kelas3 Aliyah merupakan suatu pembelajaran yang baru, dan merupakan
bentuk Modivikasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan semangat
pada siswi dalam pembelajaran bahasa Arab. (2) penerapan metode Sam’iyyah
Syafawiyyah memberikan sebuah manfaat bagi siswi dalam kemampuan istima’
kalam. Demikian ini ketika guru dapat mengemasnya sebaik mungkin, karena
dalam menerapkan sebuah metode seorang guru juga harus memperhatikan tujuan
dari pembelajaran .
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain