Text
Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences System bagi Siswa Sekolah Dasar
Tujuan pendidikan pada dasarnya adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang kuat akidahnya, mulia akhlaknya, kreatif, mandiri, serta dapat menjalankan perannya sebagai khalifah di bumi pada bidangnya masing-masing.
Setiap anak lahir dengan fitrah kecerdasan masing-masing, sesuai dengan peran yang akan diembannya. Dalam buku ini, penulis mengadopsi teori multiple intelligences (kecerdasan majemuk) yang dikembangkan Howard Gardner (1983)
melalui bukunya, Frames of Mind, yang kemudian direvisi menjadi Intelligence Reframed pada 1999. Teori ini merupakan kajian baru dalam khazanah pendidikan dan dianggap sebagai teori yang pertama kali mengakui keberagaman kecerdasan
manusia yang berbeda dengan pandangan sebelumnya tentang Intelligence Quotient (IQ) yang hanya mengakui tiga kecerdasan (kecerdasan verbal, bahasa, dan logis-matematis). Saat ini, perkembangan kajian multiple intelligences tidak saja
membawa dampak dalam kajian perkembangan intelektualitas peserta didik, melainkan juga melahirkan kesadaran baru tentang keberagaman manusia sebagai makhluk Tuhan yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralitas dalam tradisi interaksi
kultural. Teori ini mengajari kita bahwa semua anak cerdas, tetapi dalam cara yang berbeda-beda.
Buku ini memuat beberapa pembahasan, yaitu :
- Konsep Inovasi Model Pembelajaran PAI
- Konsep Umum Pembelajaran Multiple Intelligences System
- Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis
- Multiple Intelligences System
- Multiple Intelligences dalam Perspektif Islam
- Potret Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis
- Multiple Intelligences System
- Analisis Pelaksanaan Inovasi Model Pembelajaran PAI
- Berbasis Multiple Intelligences System bagi Siswa Sekolah Dasar
Tidak tersedia versi lain