Text
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB SHAHÎH AL-BUKHÂRÎ HADÎTS NOMOR 6020, 6022, 6023, 6026
Imam Nawawi, 2019. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Shahîh alBukhârî Hadîts Nomor 6020, 6022, 6023, 6026. Skripsi, Fakultas Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Al-Falah
Assunniyyah (INAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing I : Nanang
Budianto, M.Pd.I. Pembimbing II : Ifa Afida, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter dan Kitab Sahih Bukhari
Salah satu keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuannya
ditinjau dari kualitas karakter bangsa itu sendiri. Sedangkan karakter bangsa
ditentukan oleh kualitas pendidikan karakter generasi muda. Melihat realita yang
ada generasi muda saat ini belum seutuhnya menerapkan karakter yang telah
diajarkan hal ini terlihat dari maraknya tindakan negatif, kekerasan antar pelajar
serta kenakalan remaja lainnya yang akhir-akhir ini marak terjadi. Di sisi lain
manusia memiliki sosok panutan sempurna Rasulullâh Muhammad Saw. yang
juga sosok berkarakter. Dalam upaya menggali keteladanan karakter Rasulullâh
Muhammad Saw. diperlukan sebuah analisis mengenai hadits-hadits Nabi Saw.
oleh sebab itu penulis memiliki pemikiran untuk membahas konsep pendidikan
karakter Rasulullâh Muhammad Saw. dengan judul penelitian: “Konsep
Pendidikan Karakter Dalam Kitab Sahih al-Bukhârî Hadits Nomor 6020, 6022,
6023, 6026.
Berdasarkan latar belakang di atas maka fokus penelitian ini meliputi:
1) Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab Shahîh al-Bukhârî hadîts
nomor 6020? 2) Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab Shahîh
Bukhârî hadîts nomor 6022? 3) Bagaimana konsep pendidikan karakter karakter
dalam kitab Shahîh Bukhârî hadîts nomor 6023? 4) Bagaimana konsep pendidikan
karakter karakter dalam kitab Shahîh Bukhârî hadîts nomor 6026?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kajian pustaka
(Library Research). Dalam mengumpulkan data penulis mengguanakan teknik
dukumenter dengan menggali data-data dari kepustakaan yang berkaitan dengan
masalah yang diteliti kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisis isi
(constant analysis). Data primer diambil dari kitab Shahîh al-Bukhârî karya Imâm
Bukhârî dan kitab Fath al-Bârî syarkh Shahîh al-Bukhârî karya Ibn al-Hajar alAsqalânî. Sementara data sekunder diambil dari al-Qur‟ân, Hadîts, UndangUndang, Buku Ilmiah, jurnal dan buku-buku lain yang berkaitan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep Pendidikan Karakter dalam kitab
Shahîh al-Bukhârî hadîts nomor 6020, 6022, 6023, 6026 secara umum meliputi
pendidikan karakter yang berkaitan dengan agama, pendidikan karakter yang
berkatian dengan tanah air, pendidikan karakter yang berkaitan dengan
masyarakat, serta pendidikan karakter yang berkaitan dengan diri sendiri. 2)
Konsep pendidikan karakter secara terperinci meliputi karakter bertetangga yang
baik, senantiasa berbuat kebajikan, senantiasa bertutur kata baik, dan persatuan
umat. 3) Metode yang digunakan oleh Rasulullah Muhammad Saw. meliputi
metode memberi ancaman, percakapan, perumpamaan, pembiasaan.
Tidak tersedia versi lain