Text
IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN TERJEMAH AL QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN MAHARAH ISTIMA’ DI SMP PLUS BUSTANUL MA’ARIF GUMUKMAS JEMBER
Mahmud Mau Robbi, 2022. Implementasi Program Pelatihan Terjemah Al Qur’an
Dalam Mengembangkan Maharah Istima’ Di SMP Plus Bustanul Ma’arif Gumukmas
Jember. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Institut
Agama Islam Assunniyah (INAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing : Achmad
Mizan Rosyadi AJM. B.Sc.,M.Pd.I.
Kata kunci : Maharah Istima’, Implementasi, PPTQ
Pada umumnya manusia memperoleh bahasa dengan cara mendengarkan (maharah
istima’) lalu otak manusia merekam apa yang didengarnya, karena itu maharah istima’
merupakan hal pertama didalam memperoleh bahasa (iktisabul lughoh). Praktik
pembelajaran istima’ secara otodidak akan sangat membosankan jika tidak dibekali materi
dan kosa kata yang cukup bahkan dapat memalingkan siswa yang semula suka menjadi
jengkel, faktornya disebabkan oleh materi yang kurang praktis dan kurang ideal apalagi
dalam ranah menghafalkan kosa kata. Di SMP Plus Bustanul Maarif Gumukmas Jember,
belajar terjemah Al Qur’an dengan cara fokus menyimak (istima’) dan menirukan kata atau
kalimat yang diucapkan oleh guru. Berangkat dari sinilah peneliti ingin mengetahui terkait
pembelajarannya mengingat pada umumnya belajar terjemah menggunakan maharah
kitabah. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif karena meriset hasil belajar PPTQ di
SMP Plus Bustanul Ma’arif Gumukmas Jember dengan menganalisis data dokumentatif
hasil evaluasi perkembangan maharah istima’ dengan PPTQ. Penelitian ini termasuk
dalam jenis penelitian studi kasus karena peneliti akan mengkaji secara mendalam terkait
pelaksanaan program pelatihan terjemah Al Qur’an. Fokus penelitian ini adalalah ingin
mengetahui bagaimana implementasi progam pelatihan terjemah Al Qur’an dalam
mengembangkan maharah istima’di SMP Plus Bustanul Ma’arif Gumukmas
Jember’’.Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan hasil pembelajaran maharah istima’
dengan program pelatihan terjemah Al Qur’an (PPTQ) di SMP Plus Bustanul Ma’arif
Gumukmas Jember. Berdasarkan hasil penelitiannya Implementasi PPTQ dalam mengasah
kemampuan maharah istima’ telah membuahkan hasil yang memuaskan. Siswa dapat
mendengarkan atau menyimak PPTQ dengan baik.Kehadiran metode dan materi sangat
efektif dalam mengembangkan berbagai keterampilan berbahasa Arab. Selain sangat
praktis juga melatih meningkatkan maharah istima’ dengan indikator hasil belajar
pertama, ketepatan siswa dalam mendengarkan materi yang diajarkan yang berbentuk
berbahasa Arab. Kedua, ketepatan dalam membedakan makna dan huruf. Ketiga,
Bertambahnya pemahaman siswa dengan mendengarkan materi Keempat,menciptakan
kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi. Kelima, membantu kemahiran pada siswa
dalam melafalkan kembali kata yang didengar. Keenam, meningkatkan wawasan kosa kata
bahasa Arab siswa. Dengan demikian, pembelajaran program pelatihan terjemah Al
Qur’an, secara integritas dan signifikan mampu mengembangkan keterampilan menyimak
di SMP Plus Bustanul Ma’arif Gumukmas-Jember.
Tidak tersedia versi lain