Text
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL MA’ARIF 01 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
M. Irfan Faris Hidayatulloh, 2021: Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtida’iyah Al Ma’arif
01 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci: Peran guru, Motivasi belajar
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat
dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga, masyarakat dan
bangsa. Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia
dalam menjalani hidup. Darmaningtyas mengartikan pendidikan adalah usaha
dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih
Fokus Penelitian: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di Madrasah
Ibtidaiyah Al- Ma’arif 01 Jombang tahun pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana
peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al- Ma’arif 01 Jombang tahun
pelajaran 2021/2022?. 3.) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Jombang tahun pelajaran 2021/2022?.
Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Jombang tahun pelajaran 2021/2022. (2)
Untuk mengetahui peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01
Jombang tahun pelajaran 2021/2022. (3). Untuk mengetahui peran guru sebagai
motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Jombang tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
Deskriptif Metode pengumpulan data yang meliputi: observasi, interview dan
dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling .
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat di simpulkan: (1) Peranan Guru
sebagai Pendidik tidak hanya tahu tentang materi yang di ajarkan, akan tetapi ia
juga harus memiliki kepribadian yang kuat yang menjadikanya sebagai panutan
bagi siswanya. Hal ini penting karena seorang guru tidak hanya mengajar materi
akan tetapi juga tentang ketrampilan,sikap dan mental anak didik. (2) Peranan
guru kadang di artikan sebagai penyampai materi, padahal peran guru sebagai
pengajar bukan hanya menyampaikan informasi, tetapi masih banyak yang harus
di lakukan, seperti membuat rencana pembelajaran,melaksanakan, dan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain