Text
PERAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUT THOLABAH PALERAN KECAMATAN UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Syafira Aulia R. 2022 : Peran Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa Madrasah Aliyah Raudlatut
Tholabah Paleran Kecamatan Umbulsari Jember Tahun Pelajaran
2021/2022.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa
Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, kompetensi seorang
guru memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu
pembelajaran. Guru harus mampu menunjukkan kepada siswa bagaimana
memperoleh pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan. Dengan kata
lain, tugas dan peran utama seorang guru adalah terletak pada proses
pembelajaran, jika proses pembelajaran dilakukan dengan baik maka
hasilnya akan baik, begitupun sebaliknya. Karena belajar merupakan alat
untuk mencapai tujuan pendidikan.
Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana Peran
Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Raudlatut Tholabah Paleran,
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2). Bagaimana Peran Kompetensi
Kepribadian Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran
Fiqh di Madrasah Aliyah Raudlatut Tholabah Paleran, Jember Tahun
Pelajaran 2021/2022 ?
Adapun tujuan penelitian ini meliputi: 1). Untuk mendeskripsikan
Peran Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Fiqh siswa Madrasah Aliyah Raudlatut Tholabah
Paleran, Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2). Untuk mendeskripsikan
Peran Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Fiqh siswa Madrasah Aliyah Raudlatut Tholabah
Paleran, Jember Tahun Pelajaran 2021/2022..
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Studi lapangan
(field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah berjumlah 35
orang. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi, pedoman
wawancara, dan format dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan
analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan / verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa: (a)
kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran
fiqih dari sisi profesional dapat dikatakan telah memenuhi syarat baik
secara teori keilmuan maupun secara legalitas formalistik. (b)
Kompetensi kepribadian yang mantap dari sosok guru Madrasah Aliyah
Raudlatut Tholabah telah dapat memberikan teladan yang baik terhadap
anak didik maupun masyarakatnya.
Tidak tersedia versi lain