Text
PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH KELAS X IPS MA IRSYADUN NASYI’IN KASIYAN-PUGER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Hilmi Mufidah Afiyatul J., 2022. Penerapan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Maharah Alkitabah Kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan
Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah
(INAIFAS) Kencong Jember.
Media gambar merupakan salah satu media yang dapat membuat siswa berimajinasi dalam
menggambarkan percakapan bahasa Arab khususnya untuk mengembangkan Maharoh Al-kitabah
dengan baik. Dimana dengan media ini, siswa dilatih berpikir secara aktif sekaligus menumbuhkan
semangat belajar berbahasa Arab. Penerapan media gambar terhadap pembelajaran maharoh al-kitabah
merupakan solusi dalam menulis bahasa Arab dengan cara guru memberikan tugas - tugas sesuai materi
pembahasan. Media gambar ini ditampilkan dengan berbentuk printing dengan tampilan dua orang kartun
berbentuk percakapan.
Fokus penelitian pada riset ini adalah “Bagaimana penerapan media gambar terhadap
pembelajaran Maharoh Al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger Tahun Pelajaran
2021/2022?” . Adapun rumusan riset ini adalah : 1). Bagaimana perencanaan dalam penerapan media
gambar terhadap pembelajaran maharoh al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger?.
2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pada maharoh al-kitabah melalui penerapan media
gambar pada kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger?. 3). Bagaimana evaluasi belajar
maharoh al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger setelah menggunakan media
gambar?.
Tujuan dari riset ini adalah: 1). Untuk mengetahui perencanaan dalam penerapan media gambar
terhadap pembelajaran maharoh al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger ?. 2).
Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pada maharoh al-kitabah melalui penerapan
media gambar pada kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger ?. 3). Untuk mengetahui evaluasi
belajar maharoh al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger setelah menggunakan
media gambar ?.
Jenis riset adalah field research atau penelitian lapangan dan pendekatan penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif berupa gambaran suatu proses
yang terjadi di lapangan. Riset ini berusaha mendeskripsikan penerapan media gambar terhadap
pembelajaran maharah al-kitabah kelas X IPS MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan-Puger tahun pelajaran
2021/2022 dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik
uji data menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya : (1) Perencanaan dalam penerapan media
gambar terhadap pembelajaran maharoh al-kitabah dapat dilaksanakan dengan menentukan materi
pembahasan, menyusun RPP yang didalamnya merinci langkah-langkah pembelajaran, media
pembelajaran, dan menyusun lembar tugas sebagai bahan evaluasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa
Arab pada maharoh al-kitabah melalui penerapan media gambar dilakukan dengan mengingatkan kembali
materi yang telah dipelajari untuk menumbuhkan semangat, guru menerangkan materi pelajaran, guru
memberikan contoh penulisan bahasa Arabsesuai materi pembahasan, siswi mengerjakan tugas dan
mensimulasikan kedepan kelas. (3) Evaluasi belajar maharoh al-kitabah dilakukan dengan memberikan
tes tulis yang berisi gambar berseri yang meminta siswi untuk memperkenalkan anggota keluarganya
serta profesinya dalam bentuk bahasa Arab yang baik.
Tidak tersedia versi lain