Text
EFEKTIFITAS PENDEKATAN TEORI GESTALT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP DARMAS YOSOWILANGUN KIDUL-LUMAJANG TAHUN AJARAN 2021-2022
Ahmad Adib Fatoni, 2021, Efektifitas Pendekatan Teori Gestalt Dalam
meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP DARMAS
Yosowilangun Kidul-Lumajang Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi, Fakultas
Tarbiyah Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam AlFalah As-Sunniyyah Kencong Jember, Pembimbing I : Aminullah, M.Pd.
Pembimbing II : Ora Gorez Uke, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Belajar
Kurangnya motivasi belajar sering terlihat pada saat berlangsungnya
kegiatan pembelajaran. Sekolah Menengah Pertama atau sering dikenal dengan
SMP DARMAS Rowosugo Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang pada kelas
VIII yang berjumlah 23 siswa. Menurut pengamatan dan informasi dari dewan
guru Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah dan bersifat
pasif, siswa cenderung hanya sebagai penerima saja. Siswa terlihat kurang
semangat, banyak yang malas, jenuh dalam memperhatikan materi yang diberikan
dan disampaikan oleh guru.Siswa juga kurang termotivasi dan kurang berani
mengemukakan pendapatnya apabila diberikan pertanyaan oleh guru.Penguasaan
materi siswa sangatlah kurang dalam.Hal itu terlihat pada saat guru memberikan
lontaran-lontaran soal setelah materi diterangkan, masih banyak yang tidak dapat
menjawab.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah Pendekatan Teori
Gestalt efektif dalammeningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP
DARMAS Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang? 2. Bagaimana
pelaksanaan pendekatan teori Gestalt untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas VIII SMP DARMAS Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui keefektivitasan
Pendekatan Teori Gestalt dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII
SMP DARMAS Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang. 2. Untuk mengetahui
pelaksanaan Pendekatan Terori Gestalt untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas VIII SMP DARMAS Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan jenis
penelitiannya adalah purposive sampling tehnik pengumpulan data yang
digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah : pendekatan teori gestalt sangat
berdampak/efektif bagi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar, karena
dengan teori gestalt seseorang akan di tuntut untuk berfikir dan menyadarkan diri
betapa pentingnya belajar.
Tidak tersedia versi lain