Text
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUL MUQOMAH PURWOASRI GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Amiruddin, 2021. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penddikan Agama Islam Di Sekolah
Menengah Kejuruan Darul Muqomah Purwoasri Gumukmas Jember Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Pemberian reward atau hadiah berkaitan dengan motivasi belajar siswa
dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang
sangat penting. Siswa yang kurang berprestasi terkadang bukan disebabkan oleh
kemampuannya yang kurang, tetapi karena kurangnya motivasi untuk belajar
sehingga ia tidak mengarahkan segala kemampuannya.
Pokok masalah : Bagaimana Pengaruh pemberian Reward Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah
Menengah Kejuruan Darul Muqomah Gumukmas Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sub Pokok Masalah : (1). Bagaimana Pengaruh pemberian Reward Secara
Material Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Darul Muqomah Gumukmas
Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Bagaimana Pengaruh pemberian Reward Secara
Non-Material Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Darul Muqomah Gumukmas
Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan
responden dalam penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling
dengan jumlah responden 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
Observasi, Angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini meggunakan teknik analisis chi kuadrat dengan rumus
X
2
=
Selanjutnya, guna mengetahui dan menguji sejauh mana pengaruh pemberian
Reward terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMK Darul Muqomah tahun pelajaran 2020/2021, maka dilanjutkan dengan
rumus KK (Koefisien Kontengensi) sebagai berikut:
Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan. Kesimpulan umum: ada
pengaruh yang sedang antara pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Darul Muqomah Tahun
Pelajaran 2020/2021 dengan hasil 0,453 Kesimpulan khusus: (1) Ada pengaruh
sedang antara pemberian reward secara material terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Darul Muqomah Tahun
Pelajaran 2020/2021 dengan hasil 0,406 (2) Ada pengaruh sedang pemberian
reward secara non material terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMK Darul Muqomah Tahun Pelajaran 2020/2021
dengan hasil 0,421.
Tidak tersedia versi lain