Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA 02 KENCONG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Suhermin, 2022: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking
Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di
MINU 02 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya motivasi belajar siswa
MINU 02 Kencong Jember dalam mengikuti pembelajaran khususnya di kelas V
pada mata pelajaran IPA. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1)
Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam di MINU 02 Kencong- Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?.
(2) Bagaimana Perencanaan dari Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MINU 02 Kencong- Jember Tahun Pelajaran
2021/2022?. (3) Bagaimana Pelaksanaan dari Implementasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MINU 02 Kencong- Jember Tahun
Pelajaran 2021/2022?. (4) Bagaimana Evaluasi dari Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MINU 02
Kencong- Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan
dari Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam di MINU 02 Kencong- Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk
mendeskripsikan Pelaksanaan dari Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MINU 02 Kencong- Jember Tahun Pelajaran
2021/2022. (3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi dari Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di MINU 02
Kencong- Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis
penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini
adalah Koorbin kurikulum, Guru Kelas V dan siswa Kelas V MINU 02 KencongJember. Adapun sumber data sekundernya adalah buku, jurnal dan internet.
Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, interview dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, analisis data dan penarikan simpulan.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa (1) Implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick meliputi perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi. Perencanaan meliputi perangkat pembelajaran yaitu RPE, Prota,
Promis, silabus, RPP. Pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti,
dan penutup. Sedangkan evaluasi meliputi evaluasi mendiri. (2) Dengan
implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat
meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa.
Tidak tersedia versi lain