Text
Percikan Pemikiran Pendidikan Islam: Antologi Konfigurasi Pendidikan Masa Depan
Harapan pertama ketika memulai perkuliahan adalah terwujudnya suatu karya akademis untuk melestarikan pemikiran-pemikiran pendidikan Islam dengan analisis-kritis. Harapan tersebut ternyata membuahkan hasil yang perlu diapresiasi dengan terwujudnya buku "Percikan Pemikiran Pendidikan Islam: Antologi Konfigurasi Pendidikan Masa Depan". Di mana buku ini memiliki relevansi yang kuat dengan letupan-letupan empiris pendidikan Islam yang banyak dilirik oleh berbagai kalangan masyarakat terutama dalam membangun moralitas masyarakat. Oleh sebab itu, lazim apabila buku ini dikatakan sebagai "konfigurasi pendidikan masa depan". Ketika memberikan kata pengantar ini, saya sebagai dosen pengampu mata kuliah "Pemikiran Pendidikan Islam" sangat ketakjuban terhadap kekompakan mahasiswa program pascasarjana S-3 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hingga mampu mengkodifikasi percikan pemikiran dalam suatu buku.
Pendidikan Islam yang dimaksud pada konteks buku ini adalah: pertama, budaya (cipta, rasa dan karsa) umat Islam dalam menyelenggarakan pendidikan bagi generasi penerusnya dalam berbagai jenis dan bentuk kelembagaan (institusi) pendidikan seperti madrasah, sekolah dan pesantren (ma'had) dari tingkat pra-sekolah sampai pendidikan tinggi. Kedua, pendidikan Islam dalam arti pendidikan agama Islam terutama di sekolah (umum), pendidikan keislaman di madrasah dan pesantren.
Sedangkan pemikiran pendidikan dimaksudkan sebagai, upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan Islam berdasarkan sudut pandang Islam, mindset umat Islam, dan berdasarkan pendekatan ilmiah.
Tidak tersedia versi lain