Text
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE ( TPACK ) DI ERA SOCIETY 5.0 DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 05 JEMBER INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI ERA SOCIETY 5.0 DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI 05 JEMBER
M. Lukman Hakim, 2023. “Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (
TPACK) di Era Society 5.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik di
Smk Pgri 05 Jember” Program Pascasarjana, Universitas Al-Falah As-Sunniyyah
Kencong Jember, Pembimbing: 1. Titin Nur Hidayati, S,Ag., M.Pd.I. 2. Dr.
Asnawan, M.SI.
Kata Kunci : Inovasi Model Pembelajaran PAI, Technological Pedagogical And
Content Knowledge ( TPACK ), Era Society 5.0, Kualitas pembelajaran
Guru di era society 5.0 tidak cukup hanya memiliki pengetahuan tentang
materi yang diajarkan dan cara mengajarkannya. Perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni terkini dalam bidang pendidikan, menuntut guru untuk juga
memiliki pengetahuan tentang teknologi dan penggunaannya dalam belajar dan
pembelajaran.
Fokus penelitian ini, 1) Bagaimana Inovasi Model Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Technological Pedagogical And Content
Knowledge ( TPACK) di Era Society 5.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar
Peserta Didik di SMK PGRI 05 Jember ? 2) Bagaimana Inovasi Model
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Teknological Knowledge
(TK) dalam Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) di
SMK PGRI 05 Jember ? 3) Bagaimana Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) berbasis Pedagogical Knowledge (PK) dalam Technological
Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) di SMK PGRI 05 Jember ? 4)
Bagaimana Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis
Content Knowledge (CK) dalam Technological Pedagogical And Content
Knowledge (TPACK) di SMK PGRI 05 Jember ?
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif,
sumber datanya informan dan dokumen, data primer dan sekunder, teknik
pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian: 1) Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) Berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge ( TPACK) di
Era Society 5.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik di SMK PGRI
05 Jember dilakukan dengan mengintegrasikan pengetahuan content, peaedagogi
dan teknologi dalam pembelajaran. 2) Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) berbasis Teknological Knowledge (TK) diaplikasikan oleh guru
dengan menggunakan teknologi LCD proyektor, google classroom, google form,
quiziz, dan primaedu. 3) Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) berbasis Pedagogical Knowledge (PK) diwujudkan guru dengan,
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran seusi dengan rencana pelaksanaan
pembelajaran yang dibuat. 4) Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) berbasis Content Knowledge (CK) dilakukan oleh guru dengan
menyediakan materi secara uth, menarik, membuat peta konsep, guru menyusun
modul ajar, menggunakan berbagai sumber belajar
Tidak tersedia versi lain