Text
Menakar Integrasi Interkoneksi Keilmuan
Penulis buku ini berupaya melihat bagaimana proses
integrasi nilai keislaman (aspek nilai religious/keislaman
dan ilmu umum) pada kurikulum 2013 pada Madrasah
Aliyah (MA) Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo, Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, dan Sekolah Menengah Negeri
(SMAN) 1 Ponorogo. Ketiga lokasi pendidikan ini memiliki setting
yang berbeda dalam proses integrasi dan interkoneksi antara
ilmu agama dan ilmu umum.
Berpijak dari situasi sosial (social situation), para penulis
berupaya untuk menjelaskan proses integrasi nilai keislaman
dan ilmu pengetahuan umum dalam kurikulum 2013 pada pada
masing-masing sekolah/madasah, yakni Madrasah Aliyah (MA)
Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo, Madrasah Aliyah (MA)
Negeri 2 Ponorogo, dan Sekolah Menengah (SMA) Negeri 1
Ponorogo. Proses Integrasi-interkoneksi antara ilmu agama dan
ilmu umum dilihat dari tiga aspek yang berbeda, yakni melalui
learning and teaching activities melalui self-development
activities, dan melalui school-culture activities.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain