Text
Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik
Perhatian pada penelitian ilmu komunikasi bukanlah monopoli ilmuwan. Pihak
legislatif dan eksekutif perlu meyakini tingkat efek komunikasi massa untuk
menyusun undang-undang atau menetapkan kebijaksanaan. Para pendidik men-
cari kemungkinan penggunaan media komunikasi untuk tujuan-tujuan instruk-
sional. Pemasang iklan tentu ingin mengetahui efektivitas iklan yang dipasang-
nya: Surat-surat kabar ingin mengetahui jangkauan pengaruh yang ditimbul-
kannya. Para mubaligh, para pendeta, dan badan-badan yang bergerak untuk
mempengaruhi masyarakat berminat untuk meneliti pengaruh dan hasil kegiat-
an komunikasi mereka. Terakhir, paling tidak setiap mahasiswa yang menda-
lami gejala komunikasi - apa saja bidang ilmunya memerlukan kemam-
puan melihat komunikasi secara empiris.
-
-
Pada buku ini, Jalaluddin Rakhmat, yang meraih gelar M.Sc.-nya pada bi-
dang penelitian komunikasi di lowa University, menjelaskan cara-cara mela-
kukan penelitian komunikasi. Setelah menguraikan metode, model, dan tek-
nik penelitian komunikasi, ia juga membimbing Anda untuk membuat usulan
penelitian baik untuk keperluan skripsi Anda maupun untuk ditawarkan pa-
da lembaga-lembaga pemberi dana. Yang sangat berharga dalam buku ini -
serta berguna bagi semua peneliti ilmu sosial- adalah petunjuk praktis peng-
ujian hipotesis dengan tes-tes statistik. Langkah-langkah analisis statistik di-
uraikan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Walaupun Anda
tidak pandai dalam matematika (dan membencinya), Anda akan menguasai (dan
menyukai) tes-tes statistik dalam buku ini.
Tidak tersedia versi lain