Text
Pembelajaran Istima' Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK MA'ARIF Bangsalsari
ABSTRAK
Hikmatus Saadah, 2023. Pembelajaran Istima Menggunakan Multimedia
Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Ma'arif Bangsalsari. Skripsi,
Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Al-Falah
Assunniyah (UAS) Kencong, Jember. Pembimbing: Zainuri, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Istima, Multimedia, Minat siswa
Media pembelajaran seperti video bersuara bisa digunakan dalam pembelajaran
Istima' bahasa Arab. Hal ini juga dapat menjadi inovasi media pembelajaran untuk
meningkatkan minat belajar dan keterampilan siswa dalam pelajaran bahasa Arab,
Ma'arif
Fokus penelitian pada riset ini adalah "bagaimana penerapan pembelajaran istima
menggunakan multimedia terhadap minat belajar siswa kelas X SMK
Bangsalsari?". Adapun rumusan riset ini adalah (1). Bagaimana Pengaplikasian
Pembelajaran Istima' Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X
SMK Ma'arif Bangsalsari? (2).Bagaimana Problematika dalam pengaplikasian
Pembelajaran Istima' Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X
SMK Ma'arif Bangsalsari?(3). Bagaimana Ketercapaian Pembelajaran Istima'
Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Ma'arif
Bangsalsari?
Tujuan riset ini adalah: (1) Menguraikan Pengaplikasian Pembelajaran Istima'
Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Ma'arif
Bangsalsari. (2) Menguraikan Problematika dalam pengaplikasian Pembelajaran Istima'
Menggunakan Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Ma'arif
Bangsalsari. (3) Menguraikan Ketercapaian Pembelajaran Istima' Menggunakan
Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Ma'arif Bangsalsari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif disajikan dalam
bentuk deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi.
dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi
data dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengaplikasian pembelajaran
istima menggunakan multimedia dilakukan dengan menggunakan media yang
ditampilkan oleh peneliti diantaranya lagu, video. dan media interaktif. Disini siswa
dapat menuangkan ide-ide mengenai pembelajaran lly
yang
ditampilkan. guru menampilkan video berbahasa Arab disertai terjemahan bahasa
Indonesia. Kemudian guru meminta siswa mempraktekkan di depan kelas dengan
berpasang-pasangan. (2) Problematika dalam pengaplikasian pembelajaran istima'
menggunakan multimedia yaitu siswa yang awalnya kurang memperhatikan namun
seiring berjalannya waktu mereka mau terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu.
pembelajaran menggunakan multimedia juga membutuhkan keterampilan guru dalam
mengoperasikan multimedia yang digunakan. Karena guru belum tentu menguasai IT.
sehingga perlu peningkatan penguasaan II oleh guru. (3) Hasil ketercapaian siswa
terhadap pembelajaran maharah istima menggunakan multimedia yaitu siswa siswi
sangat mampu (sangat minat) sebanyak 31% kriteria mampu (minat) sebanyak 42%
kurang mampu sebanyak 27%. Dari hasil tersebut. menunjukkan bahwa pembelajaran
istima menggunakan multimedia berhasil meningkatkan minat belajar siswa pada
yang dinjarkamm الإستمع التحيات اتعارف materi
Tidak tersedia versi lain