Text
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di Mts Nurul Ihsan Tempeh Tahun Pelajaran 2022/2023
Guru Pendidikan Agama Islam adalah seorang yang mengajarkan
ajaran Islam untuk mencapai keseimbangan jasmani maupun rohani untuk
mengubah tingkah laku individu sesuai dengan ajaran Islam dan membimbing
peserta didik kearah pencapaian kedewasaan serta membentuk kepribadian
muslim yang berakhlak karimah sehingga terjadi keseimbangan kehidupan
dan kebahagiaan baik itu di dunia maupun akhirat.
Fokus masalah dalam penelitihan ini adalah: (1) Bagaimana peran
guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam membentuk sikap
disiplin siswa di MTs Nurul Ihsan Tempeh tahun pelajaran 2022 2023 2 (2)
Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam
membentuk sikap disiplin siswa di MTs Nurul Ihsan Tempeh tahun pelajaran
2022 2023 ? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai
manager dalam membentuk sikap disiplin siswa terhadap guru di MTs Nurul
Ihsan Tempeh tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru
pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam membentuk sikap disiplin
siswa di MTs Nurul Ihsan Tempeh tahun pelajaran 2022/2023.(2) Untuk
mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam
membentuk sikap disiplin siswa di MTs Nurul Ihsan Tempeh tahun pelajaran
2022/2023(3) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai
manager dalam membentuk sikap disiplin siswa terhadap guru di MTs Nunal
Ihsan Tempeh tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. sedangkan jenis
penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research) sumber data
primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAL dan siswa. Adapun
sumber data sekundernya adalah dokumentasi. Teknik pengumpulan data
yang di gunakan adalah observasi. wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah trigulasi.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwah:(1) Guru pendidikan
agama Islam sebagai pengajar dapat menciptakan kondisi belajar siswa
karena guru memiliki peran dalam menentukan kualitas pengajaran yang
dilaksanakannya.(2) peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik
telah mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik.(3) Peran pendidikan
agama Islam guru sebagai manager sudah mengelola kedisiplinan proses
belajar mengajar dan organisasi kelas dengan baik.
Tidak tersedia versi lain