Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw dan Stad (Student Teams Achievement Divisions) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama Padomasan Jombang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Dina Anisa'ul Khoiriyah', 2023 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
(Cooperative Learning) Tipe Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement)
Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Sekolah Dasar Nahdhlatul Ulama
(SDNU) Padomasan Jombang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD
Terkait pentingnya bagi guru untuk menentukan suatu model pembelajaran
yang dibutuhkan dan menjadikan pedoman guru pada saat melakukan kegiatan
pembelajaran yang harus menyesuaikan latar belakang siswa di dalam kelas,
karna apabila strategi pembelajaran kurang mendukung serta setting kelas yang
belum mampu membangkitkan semangat belajar siswa untuk aktif selama proses
pembelajaran berlangsung akan sangat menghambat proses belajar
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw dan STAD
Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SDNU Padomasan Jombang Jember
Tahun Ajaran 2022-2023?. Sub fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SDNU Padomasan Jombang
Jember Tahun Ajaran 2022-2023?, 2) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Akidah
Akhlak di SDNU Padomasan Jombang Jember Tahun Ajaran 2022-2023?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak
di SDNU Padomasan Jombang Jember Tahun Ajaran 2022/2023, 2) Untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Divisions) pada mata pelajaran akidah akhlak di SDNU Padomasan
Jombang Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan
jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini
adalah: Kepala Sekolah, Guru, Siswa. Adapun sumber data sekundernya adalah:
Dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara,
Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Hubarman:
Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data,
peneliti menggunakan triangulasi.
Peneliti ini berhasil menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan model
pembelajaran cooperative learning yang diterapkan di SDNU Padomasan pada
mata pelajaran akidah akhlak siswa lebih mudah untuk menerima materi
pelajaran yang diberikan. Karna cooperative learning siswa dituntut lebih aktif.
(2) Penerapan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw yang digunakan pada
mata pelajaran akidah akhlak di SDNU Padomasan kurang lebih sudah sesuai
dengan teori atau langkah-langkah yang ada walaupun belum digunakan
sepenuhnya.(3) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD
yang digunakan pada mata pelajaran akidah akhlak di SDNU Padomasan kurang
lebih sudah sesuai dengan komponen yang ada, walaupun masih ada beberapa
kendala yang dialami dan tidak semua mata pelajaran bisa diterapkan.
Tidak tersedia versi lain