Text
Analisis Metode Dongeng dalam Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Agama Uslam di Taman Kanak - Kanak Muslimat Dewi Aminah 36 Desa Kasiyan Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022-2023
Permasalahan yang sering dijumpai salah satunya pada metode pengajaran
yang diterapkan guru. Dan kemampuan mengingat atau menghafal pada setiap
anak yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik atau dalam hal ini guru di TK
Muslimat Dewi Aminah 36 Puger harus menggunakan metode yang dapat menarik
minat anak.
:
Fokus penelitian Bagaimana analisis metode dongeng dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik?, Sub fokus: 1). Bagaimana kreteria
pemilihan dongeng yang baik dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama
Islam di TK Muslimat Dewi Aminah 36 Kasiyan?, 2). Bagaimana dampak metode
dongeng dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat
Dewi Aminah 36 Kasiyan?, 3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
penerapan metode Dongeng di Taman Kanak-kanak Muslimat Dewi Aminah 36
Desa Kasiyan Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023?
Tujuan umum Untuk mengetahui analisis metode dongeng dalam
penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam di TK Muslimat Dewi Aminah 36
Kasiyan. Tujuan khusus: 1). Ingin mengetahui kreteria pemilihan metode dongeng
dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam di TK Muslimat Dewi
Aminah 36 Kasiyan. 2). apa saja dampak metode dongeng yang baik dalam
penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam di TK Muslimat Dewi Aminah 36,
3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Dongeng
di Taman Kanak-kanak Muslimat Dewi Aminah 36 Desa Kasiyan Kecamatan
Puger Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023?,
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif deskriptif.
Sedangkan metode dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara (interview),
dokumentasi. Dengan metode ini, peneliti berharap dapat memperoleh data-data
yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yang peneliti laksanakan.
Dari hasil Penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat diperoleh
kesimpulan, bahwa: 1) Metode Dongeng sangat efektif dalam penanaman nilai-
nilai pendidikan agama islam pada siswa dan dapat menumbuhkan imajinasi serta
meningkatkan daya kritis anak. 2) Metode dongeng membawa misi yang bernilai
positif dan edukatif. 3) Adapaun Faktor Pendukung Kebiasaan atau tradisi yang
ada lingkungan Madrasah, Kesadaran para siswa. Sedangkan Faktor penghambat:
Latar belakang siswa yang kurang mendukung.
ix
Tidak tersedia versi lain