Text
Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa di Smp Trunojoyo Cakru - Kencong Tahun Pelajaran 2020/2021
Pendidikan sebagai usaha membangun dan mengembangkan aspek-aspek rohaniyah dan
jasmaniyah juga harus bertahab. Akan tetapi suatu proses yang terarah dan bertujuan, yaitu
mengarahkan anak didik pada titik optimal kemampuannya. Sedangkan tujuan yang hendak di
capai adalah terbentuknya kepribadian yang utuh sebagai manusia individual, social, dan hamba
tuhan yang mengabdikan diri kepadaNya.
Sub Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Peran guru Aqidah Akhlak dalam
meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Trunojoyo Cakru
Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) Bagaimana Peran guru Aqidah Akhlak Sebagai
pembimbing dalam meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Trunojoyo Cakru Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) Bagaimana Peran guru
Aqidah Akhlak Sebagai motivator dalam meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Trunojoyo Cakru Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Peran guru Aqidah
Akhlak Sebagai pembimbing dalam meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Trunojoyo Cakru Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) Untuk
Sebagai pembimbing dalam
mendeskripsikan Bagaimana Peran guru Aqidah Akhlak
meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Trunojoyo Cakru
Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Peran guru
Aqidah Akhlak Sebagai motivator dalam meningkatkan Kemandirian Siswa di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Trunojoyo Cakru Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah
deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, adapun
sumber data sekundernya adalah dokumentasi. tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah
pengumpulan data, reduksi data, data display (penyajian data), dan verification
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: (1) Peran guru Aqidah akhlak dalam
meningkatkan kemandirian siswa adalah dengan memberikan apresiasi kepada siswa yang
mandiri dan mampu mengerjakan tugas sekolah secara pribadi serta membiasakan siswa untuk
belajar dengan membaca dan merangkum dari buku yang tersedia di perpustakaan sekolah (2)
Peran guru Aqidah akhlak sebagai pembimbing dengan menemukan berbagai potensi yang
dimiliki siswa sehingga dengan ketercapaian itu ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai
individu yang mandiri dan produktif (3) Peran guru Aqidah akhlak sebagai motivator dalam
meningkatkan kemandirian siswa adalah pemberian motivasi yang terus menerus akan mampu
membangkitkan semangat siswa dan menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar serta
memberikan pujian, memberikan hadiah dan memberikan hukuman
Tidak tersedia versi lain