Text
Upaya Guru dalam Memperbaiki Kualitas Tulisan Bahasa Arab Siswa Kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah Diniyyah Assuniyyah Putri 2021/2022
Fikriyatul Mufidah, 2021. Upaya Guru Dalam Memperbaiki Kualitas
Tulisan Bahasa Arab Siswa Kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah Diniyyah
Assunniyyah Putri 2021-2022. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah
(INAIFAS) Kencong Jember. Pembimbing: Imam Wahyudi, M.Pd.
Kata Kunci: upaya guru, bahasa Arab tulis (kitabah), susunan kalimat
bahasa Arab.
Maharah kitabah merupakan keterampilan bahasa Arab yang paling tinggi.
Di kelas IV Madrasah Diniyyah Assunniyyah putri juga terdapat pembelajaran
kitabah didalam buku yang digunakan yaitu Madarij al-Durus al-Arabiyah.
Berdasarkan hasil ulangan siswa, menunjukkan bahwa banyak siswa yang masih
salah dalam menulis kalimat bahasa Arab yang benar. Jadi, guru membutuhkan
usaha untuk memperbaiki tulisan bahasa Arab siswa supaya sesuai kaidah bahasa
Arab dan berkualitas, dengan memnggunakan jenis metode pembelajaran kitabah
yang sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu dalam bentuk jumlah ismiyah.
Adapun fokus penelitian ini meliputi: Bagaimana upaya guru dalam
memperbaiki kualitas tulisan bahasa Arab siswa kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah
Diniyyah Assunniyyah putri 2021-2022?. Dan Sub fokus penelitian 1. Bagaimana
pembelajaran bahasa Arab tulis (kitabah) di kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah
Diniyyah Assunniyyah Putri 2021-2022?. 2. Bagaimana tulisan bahasa Arab yang
berkualitas di Kelas IV Ibtida 'iyyah Madrasah Diniyyah Assunniyyah Putri 2021-
2022?.
Tujuan umum penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam
memperbaiki kualitas tulisan bahasa Arab siswa kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah
Diniyyah Assunniyyah putri 2021-2022. Adapun tujuan khusus yaitu: 1. Untuk
mengetahui pembelajaran bahasa Arab tulis (kitabah) di kelas IV Ibtida'iyyah
Madrasah Diniyyah Assunniyyah Putri 2021-2022. 2. Untuk mengetahui
karakteristik tulisan bahasa Arab yang berkualitas di Kelas IV Ibtida'iyyah
Madrasah Diniyyah Assunniyyah Putri 2021-2022.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
wawancara dan
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa upaya guru dalam memperbaiki
kualitas tulisan bahasa Arab kelas IV Ibtida'iyyah Madrasah Diniyyah
Assunniyyah Putri 2021-2022 dalam pembelajaran menulis (kitabah) yaitu;
pertama, pembelajaran kitabah menggunakan jenis pembelajaran insya' muwajjah
(mengarag terpimpin) menggunakan kalimat bahasa Arab yang terdiri dari jumlah
ismiyah, dengan teknik pembelajaran mengganti kalimat pada wacana yang telah
diberikan baik yang diganti subyek yang berupa kataganti (dlomir) atau fa'il.
Kedua, sering memberikan tugas dan menghukum siswa yang salah dalam
mengerjakan tugas. Ketiga, selalu memberikan motivasi dan nasehat untuk lebih
giat dalam belajar menulis bahasa Arab (kitbah).
Tidak tersedia versi lain