Text
Pengaruh Model Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di MI ma'arif 09 Keting Kecamatan Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023
Pembelajaran dalam kelas merupakan suatu proses untuk tercapainya hasil
belajar pada siswa yang diharapkan. Namun faktanya, masih banyak siswa yang
kurang memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran, guru dapat memberikan
media yang menarik agar dapat memberikan suasana belajar yang menarik pula.
Salah satu media yang dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa
adalah Pop Up Book. Pop Up Book adalah media berupa buku yang memiliki unsur
2 atau 3 dimensi. Dengan gambar yang unik dapat menarik daya minat belajar pada
siswa untuk memahami materi. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melihat
lebih jauh lagi, bagaimana hasil belajar siswa ketika pembelajaran dibantu dengan
media Pop Up Book. Maka dengan penelitian ini diharapkan adanya hasil yang baik
untuk membantu proses pembelajaran yang baik pula.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh media
pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar ? (2) Adakah pengaruh media
pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar kognitif ? (3) Adakah pengaruh
media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar afektif?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh media pembelajaran
Pop Up Book terhadap hasil belajar. (2) Mengetahui media pembelajaran Pop Up
Book terhadap hasil belajar kognitif. (3) Mengetahui media pembelajaran Pop Up
Book terhadap hasil belajar afektif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan jenis
penelitiannya adalah kuantitatif eksperimen one group pretest postest. Sumber
data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV, adapun
sumber data sekundernya adalah berupa dokumen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui observasi, angket, interview dan dokumentasi. Teknis
analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji normalitas dan uji Paired T-
Test.
Berdasarkan uji paired t-test pretest dan posttest antara variabel x dan y
bahwa: (1) Ada pengaruh antara media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil
belajar, yang diperoleh data pretest mean sebesar 92,78 nilai tersebut kurang dari
data posttest mean sebesar 124,92. Selain itu nilai sig2 tailed sebesar 0,000 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerha (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol
(HO) ditolak. (2) Ada pengaruh media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil
belajar kognitif, yang diperoleh data pretest mean sebesar 31,11 nilai tersebut
kurang dari data posttest mean sebesar 40,95. Selain itu nilai sig2 tailed sebesar
0,000
Tidak tersedia versi lain