Text
Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar (Program Unggulan) As - sunniyah Kencong Tahun Pelajaran 2022-2023
Permasalahan pendidikan siswa muncul bersamaan dengan berkembang
dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang
ada. Oleh karenanya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki
pengelolaan pembelajaran. Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan
pendidikan karakter sangat penting dalam membangun karakter siswa melalui
pengintegrasian kegiatan pembelajaran di kelas pada jenjang pendidikan dasar.
Sub fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
tematik untuk meningkatkan pendidikan karakter kelas 2C di SD As-Sunniyah
Kencong tahun pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
tematik untuk meningkatkan pendidikan karakter kelas 2C di SD As-Sunniyah
Kencong tahun pelajaran 2022/2023? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran
tematik untuk meningkatkan pendidikan karakter kelas 2C di SD As-Sunniyah
Kencong tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran tematik untuk meningkatkan pendidikan karakter kelas 2C di SD
As-Sunniyah Kencong tahun pelajaran 2022/2023 (2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pendidikan karakter kelas
2C di SD As-Sunniyah Kencong tahun pelajaran 2022/2023 (3) Untuk
mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik untuk meningkatkan pendidikan
karakter kelas 2C di SD As-Sunniyah Kencong tahun pelajaran 2022/2023
Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis
pendekatan deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi kepala
sekolah, guru kelas 2C (guru tematik), dan siswa kelas 2C. Adapun sumber data
sekundernya adalah buku, jurnal, dan internet. Tektik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan reduksi kata, penyajian data dan kesimpulan.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: (1) Tahap perencanaan
pembelajaran tematik pada implementasi pendidikan karakter sudah maksimal.
Hal ini dibuktikan dengan adanya persiapan guru sebelum melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menyiapkan Silabus, RPP, dan media pembelajaran. Selain
menyiapkan perangkat pembelajaran guru juga menerapkan metode belajar
inovatif, contoh kecilnya seperti siswa menceritakan pengalamannya, dengan
melakukan pendekatan kepada siswa agar kegiatan belajar mengajar menjadi
nyaman (2) Tahap pelaksanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran
tematik guru memulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir yang
berisi tentang penutup untuk mengakhiri proses pembelajaran (3) Tahap evaluasi
implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran tematik terlaksana
dengan baik. Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes dan melihat
keaktifan siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai yang diterapkan. Jadi,
evaluasi tersebut seperti Penilaian Harian (PH) yang diadakan setiap satu minggu
sekali tiap persubtema selesai diajarkan. Penilaian harian terdiri dari soal piliha
ganda dan essay.
Tidak tersedia versi lain