Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas pada Anggota (Studi Multi Situs pada Baitul Maal Wat Tamwil UGT Nusantara Capem Tanggul dan BMT NU Capem Tanggul)
Perkembangan industry perbankan dan jasa keuangan, baik konvensional
maupun yang berprinsip syariah telah mengalami kemajuan yang pesat sebagai
akibat dari kemajuan teknologi dan kebijaksanaan deregulasi. Hal ini tentunya
membuat persaingan antara perusahaan perbankan dengan lembaga jasa keuangan
lainnya semakin ketat. Persaingan antar koperasi keuangan syariah BMT juga
semakin ketat. Dengan begitu industry perbankan dan jasa keuangan membuat
strategi untuk mensiasati persaingan tersebut dengan mengembangkan kualitas
pelayanan dan citra perusahaan.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1. Untuk mengetahui apakah
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota?, 2. Untuk mengetahui
apakah citra perusahaan berpengaruh terhadap loyalitas anggota?, 3. Untuk
mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota?, 4.
Untuk mengetahui apakah citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan
anggota?, dan 5. Untuk mengetahui kepuasan anggota berpengaruh terhadap loyalitas
anggota?. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan, citra perusahaan terhadap loyalitas anggota dengan variabel kepuasan
anggota sebagai variabel intervening di BMT UGT Nusantara Capem Tanggul dan
BMT NU Capem Tanggul.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi yang digunakan
adalah seluruh anggota BMT UGT Nusantara Capem Tanggul dan BMT NU Capem
Tanggul, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling
yakni sampling purposive, adapun rumus yang digunakan untuk menentukan jumlah
sampel yaitu rumus Slovin Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode
kuisioner (angket). Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur variabel
yaitu skala likert Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien jalur (path
analysis).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari BMT UGT Nusan Capem tanggul
menghasilkan 1. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.776 2. Citra perusahaan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar0.182 3.
Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai
signifikansi sebesar 0.620 4. Citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan
anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 5. Kepuasan anggota berpengaruh
terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.057. Sedangkan pada
BMT NU Capem Tanggul menghasilkan 1. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.003 2. Citra perusahaan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar0.423 3.
Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai
signifikansi sebesar 0.300 4. Citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan
anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 5. Kepuasan anggota tidak
berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.568.
Tidak tersedia versi lain