Text
Strategi Promosi Produk Syar'i pada Nasabah Non Muslim (Studi Kasus BMT UGT Nusantara Capem Umbuksari)
lBMT tidak hanya di lirik oleh masyarakat muslim, masyarakat non muslim
juga sudah melirik BMT. Sistem koperasi syari'ah memiliki kesamaan dengan sistem
koperasi dan Bank Konvensional dalam mencari keuntungan namun keduanya
memiliki perbedaan dalam hal sistem balas jasa pada nasabah. Keduanya bersaing
bebas dalam pasar uang dimana jutaan nasabah diperebutkan dengan berbagai strategi
bisnis
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa Faktor-faktor yang
menyebabkan nasabah non muslim memutuskan untuk memakai produk syar'i di
BMT UGT Nusantara Capem Umbulsari? (2)Bagaimana bentuk strategi promosi
produk syar'i kepada nasabah non muslim di BMT UGT Nusantara Capem
Umbulsari? (3) Mengapa nasabah non muslim memilih produk syar'i di BMT UGT
Nusantara Capem Umbulsari?. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui apa
saja faktor-faktor yang menyebabkan nasabah non muslim memutuskan untuk
memakai produk syar'i di BMT UGT Nusantara capem umbulsari (2) Untuk
mengetahui bentuk strategi promosi produk syar'i pada nasabah non muslim di BMT
UGT Nusantara Capem Umbulsari (3) Untuk mengetahui mengapa nasabah non
muslim memilih produk syar'i di BMT UGT Nusantara Capem Umbulsari. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara
observasi dan wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka ditarik kesimpulan
bahwa Faktor yang menyebabkan nasabah non muslim memilih produk syar'i di
BMT UGT Nusantara Capem Umbulsari Ketertarikan nasabah non muslim terhadap
produk syar'i karena ketiadaan biaya administrasi dan provisi adalah sebuah
ketertarikan yang biasa dan lumrah. Mengingat semua calon nasabah pasti
menginginkan semurah mungkin dan sekecil. Oleh sebab itu. pembebasan biaya
administrasi dan provisi pada produk syar'i adalah sebuah upaya mempertahankan
ketertarikan masyarakat non muslim terhadap produk-produk syar'i yang ada di BMT
UGT Nusantara Capem Umbulsari. BMT UGT Nusantara Capem Umbulsan
menggunakan strategi promosi dengan menggunakan 4 pendekatan yaitu Periklanan
dan Promosi, Penjualan Pribadi (Personal Selling). Hubungan Dengan Masyarakat
(Public Relation). Penjualan Pribadi (Personal Selling) serta Pemasaran Langsung
(Direct Marketing) Sedangkan nasabah non muslim memilih produk syar'i di BMT
UGT UGT Nusantara Capem Umbulsari sistem Non bunga bagi hasil dinilai lebih
menguntungkan nasabah dimana bagi hasil menempatkan nasabah sebagai partner
kerja sehingga jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan (kerugian)
kedua belah pihak saling menanggung resiko bersama, bagi hasil bisa memberikan
peluang pengembalian yang berpotensi lebih tinggi dari pada suku bunga tetap. Bagi
masyarakat, pendekatan ini dapat menghasilkan distribusi keuntungan yang lebih
merata dan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi
Tidak tersedia versi lain