Text
Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadist di MI Al Ma'arif 02 Jombang Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Pendidikan merupakan salah satu fokus yang menjadi garapan di MI Al
Ma'arif 02 Jombang. Berbagai metode dan pendekatan implementasi
pembelajaran telah diupayakan oleh lembaga tersebut guna menaikkan keaktifan
siswa dalam belajar khususnya mata pelajaran Al Qur'an Hadist, untuk
mewujudkan tujuan tersebut MI Al Ma'arif 02 Jombang menggunakan berbagai
metode pembelajaran, salah satunya metode pembelajaran card sort
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi metode
pembelajaran Card Sort guna meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran
Al Qur'an Hadist di MI Al Ma'arif 02 Jombang Jember tahun pelajaran
2022/2023? (2) Bagaimana Perencanaan Motode Pembelajaran Card Sort guna
meningkatkan keaktifan siswa di Mata pelajaran Al Qur'an Hadist? (3)
Bagaimana pelaksanaan Motode Pembelajaran Card Sort guna meningkatkan
keaktifan siswa di Mata pelajaran Al Qur'an Hadist? (4) Bagaimana evaluasi
Motode Pembelajaran Card Sort guna meningkatkan keaktifan siswa di Mata
pelajaran Al Qur'an Hadist?
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus, dengan sumber data diperoleh dari informan, dokumen
dan kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, interview
dan dokumentasi dengan metode analisa data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwasannya proses implementasi yang
dilakukan di sekolah tersebut melalui berbagai langkah diantaranya adalah
perencanaan, penggunaan metode card sort, serta evaluasi proses pembelajaran
menata ruang kelas melalui metode card sort. Perencanaan metode pembelajaran
card sort diawali dengan menata ruang kelas pembelajaran, mempersiapkan alat
pembelajaran metode card sort berupa kartu kecil. Selanjutnya untuk pelaksanaan
metode pembelajaran card sort yang harus dilakukan oleh guru harus menguasai
materi pelajaran yang akan disampaikan, menyusun kosa kata pada kartu kecil,
memberikan pertanyaan sesuai materi yang terdapat dikartu kecil. Sedangkan
evaluasi metode pembelajaran card sort dengan mengetahui kelebihan dan
kekurangan penggunaan metode card sort, melakukan penilaian terhadap
keaktifan siswa antara sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran
card sort, sekaligus memberikan bimbingan belajar bagi siswa yang belum bisa
membaca dan memberikan pemahaman siswa.
Tidak tersedia versi lain