Text
Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik
Evaluasi pada dasarnya sebagai dasar keputusan,
menyusun kebijakan, maupun program selanjutnya
untuk keputusan Apakah akan dilanjutkan, diperbaiki,
atau dihentikan? Wujud dari hasil evaluasi terutama
adalah rekomendasi dari evaluator untuk mangambil
keputusan (decision maker).
Kegiatan evaluasi merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari suatu upaya apapun yang terprogram,
tak terkecuali bagi program pembelajaran sebagai
bagian dari program pendidikan, direncanakan untuk
memperbaiki bidang pendidikan, sedangkan evaluasi
mikro sering digunakan ditingkat kelas, sasarannya
adalah program pembelajaran di kelas dan
penanggung jawabnya adalah guru untuk sekolah
atau perguruan tinggi.
Melaksanakan evaluasi program pembelajaran
memang merupakan tugas pokok seorang evaluator
dalam manajemen sekolah. Akan tetapi, bukan berarti
evaluator saja yang harus memahami model-model
evaluasi program pembelajaran. Calon pendidik, para
pendidik, dan praktisi lain, menawarkan bagian
alternatif model evaluasi program bagi kepala sekolah,
pendidik, calon pendidik, maupun berbagai pihak yang
berkepentingan dengan memanajemen sekolah dalam
mengevaluasi program pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain