Text
Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam
Ilmu Pendidikan Islam diakui sebagai salah satu bidang studi atau kajian
dalam Islam. Hal ini terbukti dari adanya fakultas yang secara khusus
membidanginya, yakni Fakultas Tarbiyah pada Universitas Islam Negeri
maupun Pergururan Tinggi swasta lainnya. Di sisi lain, Pendidikan Islam
yang selama ini lebih tampak sebagai praktik pendidikan dan bukan sebagai
ilmu dalam arti memiliki struktur bahasan dan metodologi penelitian,
berbeda dengan Ilmu Pendidikan pada umumnya yang pertumbuhan dan
perkembangannya lebih cepat
Buku ini menyajikan pemikiran dari tokoh-tokoh Intelektual Muslim dari
zaman klasik, pertengahan sampai dengan zaman modern. Mereka yang
ditampilkan boleh jadi diduga bukan sebagai tokoh Ilmu Pendidikan Islam
Dalam hal ini penulis sengaja memberanikan diri mengklasifikasikannya
sebagai tokoh Ilmu Pendidikan islam di antaranya Ibnu Miskawaih,
Al-Qabisi, Al Mawardi, Ibnu Sina, Al Ghazali (abad klasik), Burhanuddin
Az-Zarnuji, ibnu Jama'ah, dan Ibnu Taimiyah serta Ikhwan Al-Muslimin.
Sementara yang berasal dari Indonesia seperti Abdullah Ahmad, Ahmad
Sanusi, dan Imam Zarkasyi Hal ini dilakukan dengan alasan pada kajian
sederhana bahwa mereka memiliki pemikiran tentang berbagai masalah
pendidikan Islam seperti perhatian terhadap tujuan pendidikan, kurikulum,
guru, metodologi pembelajaran, manajemen, dan sebagainya
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain