Text
Konsep Sosiologi Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun: Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Guru, Peserta Didik, Proses Pembelajaran
Berbicara tentang pendidikan melalui perspektif sosiologi sejatinya tidak terlepas dari
sebuah konflik aliran. Dalam perspektif sosiologi pendidikan, secara umum aliran dalam
pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu strukturalisme dan humanisme.
Eksistensi aliran strukturalisme dan humanisme dalam dunia pendidikan
mengindikasikan ketidakmampuan para praktisi pendidikan dalam membaca realitas
yang ada. Sejatinya dalam membaca pendidikan membutuhkan penggabungan kedua
aliran tersebut (konvergensi).
Konsepsi pendidikan Ibnu Khaldun merupakan gabungan aliran strukturalisme dan
humanisme. Ibnu Khaldun memandang pendidikan bertujuan untuk mengembangkan
potensi akal-pikiran, sikap dan keterampilan manusia dalam proses belajar. Dari proses
belajar ini kemudian diyakini terbentuk kompetensi (soft skill), yang akan mengantarkan
peserta didik mencapai kematangan dalam rangka mensosialisasikannya sebagai anggota
masyarakat sekaligus bermanfaat bagi sistem sosial. Melalui proses pendidikan, manusia
dinilai mampu menciptakan realitas sosialnya serta melahirkan ilmu pengetahuan,
bahasa dan aturan-aturan untuk membangun suatu peradaban.
Konstruktivisme pendidikan Ibnu Khaldun turut memengaruhi perkembangan
konsepsi pendidikan. Bahwa pendidikan tidak hanya membekali peserta didik dengan
Ilmu pengetahuan dan soft skill, tetapi juga membekall peserta didik dengan akhlak
sebagai bekal untuk hidup di akhirat kelak. Kurikulum didesain berdasarkan sifat
realistik-materialistis yang tidak mendikotomi pendidikan intelektual maupun praktis,
sebagai alat untuk membina potensi peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan
pendidikan, tentunya yang sesuai dengan nilai-nilai kemasyarakatan. Guru berperan
sebagai seorang yang diyakini mampu mengantarkan peserta didiknya sebagai subjek
pendidikan untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang telah ditentukan dalam
proses pembelajaran sehingga dapat bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun
masyarakat
Tidak tersedia versi lain